Asik!! Kalau Benar 2013 Study Pascasarjana Bebas Biaya SPP.


program pasca sarjana gratis tahun 2013
Benerapa waktu lalu gw sempet baca dibeberapa media online serta di media elektronik lainnya kalau ada rencana untuk tahun 2013 Parogram study untuk jenjang pasca sarjana bakal dibebasin dari biaya SPP. Hal ini seperti yang diungkapkan kemaren oleh Mohammad Nuh, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tanggal 17 mei 2012,Bahwa di Indonesia sendiri jumlah orang yang bergelar Master masih sangat kurang sehingga dia berinisiatif akan mengadakan program Pascasarjana Gratis di tahun 2013.
Rencana penggeratisan pendidikan jenjang pascasarjana ini dikhususkan untuk Perguruan Tinggi Negeri saja. Jadi siapa saja yang ingin melanjutkan Pascasarjana di PTN tidak akan dipungut biaya SPP.
Namun tidak semua program study yang akan di gratiskan, melainkan hanya beberapa saja yang memang sedang banyak dibutuhkan di Indonesia. seperti Teknik, Sains serta Program study Pertanian. Untuk saat ini saja, lulusan Pascasarjana untuk bidang study Sains hanya 3% sedangkan target yang harus terlaksana adalah 10% Master Sains. Untuk Teknik sekitar 3,5% dari target 8-10%, sedangkan bidang pertanian 11% saja dari target 20-30%.
Wahhhh, kalo emang bener ini terlaksana, maka Indonesia bakal mempunyai banyak lulusan Master.Setidaknya dengan ilmu yang didapat dari bangku kuliah bisa membantu dengan cepat pertumbuhan Indonesia dari segala segi.
Sedikit cerita, waktu gw lulus dari Kuliahan Sarjana, pengen banget deh ikut program S2. Kebetulan dapet tawaran dari Universitas Negeri di Jogja yang waktu itu nawarin beasiswa pasca sarjana untuk bidang study teknik.Kebetulan IPK waktu S1 gw lumayan, jadi masuk kualifikasi. Cuma gw agak bingung coz berapa jumlah beasiswa(uang) yang diberikan tergantung dari hasil test yang bakal dilakuin..hehehe, gw gak jadi ikut deh, takut hasil testnya jelek, trz bayar setengahnya. kebetulan gw bener2 lagi gak ada duit. Jadi Gak ikut deh.. Sementara temen gw Alhamdulillah sekarang lg program pertukaran mahasiswa, dan dia ke Portugal.
Hmm, semoga kalo rencana dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan ini bisa benar terlaksana di tahun 2013, karena sangat membantu sekali bagi kawan-kawan yang memang gak punya dana cukup untuk ngelanjutin cita-citanya kuliah Pascasarjana. Aminnn…

0 comments:

Posting Komentar