AWAS!! Bakteri Ciuman Ini Menyebabkan Kerontokan Gigi


Hindari mencium binatang kesayangan untuk menghindari penularan bakteri. (Woman's Day)

- Menurut pakar psikologis, sebuah ciuman memang dapat membangkitkan suasana hati. Berciuman bahkan digunakan sebagai kegiatan untuk menjunjukkan afeksi. Namun tidak untuk ciuman yang satu ini. Mencium binatang kesayangan.
Beberapa dari Anda mungkin sering mencium atau membiarkan binatang peliharaan Anda mencium bagian mulut. Para ahli kesehatan mengungkapkan, jika ciuman ini dapat menularkan penyakit gusi serius melalui bakteri yang ditularkan dari mulut binatang. 
Seperti ditulis dalam jurnal Archives of Oral Biology, bakteri-bakteri ini juga dapat berkembang menjadi penyakit periodontitis, peradangan jaringan mulut. Parahnya, penyakit ini juga dapat membuat tulang rahang membusuk yang mengakibatkan kerontokan gigi.
Terutama  anjing, binatang ini banyak menderita periodontitis, meskipun hanya sekitar lima persen yang akan mengembangkan penyakit serius. Peringatan ini menyusul penelitian yang dilakukan di Jepang pada para pemilik anjing. 
Para peneliti menemukan jenis mikroba anjing yang menjangkit manusia. Sekitar 16 persen para pemilik anjing tertular mikroba ini. Mereka mengaku memiliki kontak hubungan yang sangat dekat dengan anjingnya. 
Sebenarnya resiko kontaminasi ini dapat diminimalisir dengan selalu memperhatikan kesehatan gigi binatang peliharaan. "Berbagai jenis bakteri pada anjing dan kucing adalah tipe yang sama dari bakteri pada manusia. Jika para pemilik ini menjaga kebersihan mulut pada hewan peliharaan mereka, seperti menyikat gigi, mulut hewan peliharaan benar-benar dapat menjadi lebih bersih daripada mulut manusia." papar Dr Paul Maza, dari Fakultas Kedokteran Hewan di Universitas Cornell, seperti dikutip Daily Mail. 

0 comments:

Posting Komentar