AWAS!! Gunakan Ponsel Larut Malam Picu Gangguan Mental Remaja


detail berita
Menggunakan ponsel sampai larut malam (Foto: Corbis)
SEBUAH studi di Jepang menunjukkan adanya risiko gangguan kesehatan mental pada remaja yang sering menggunakan ponsel larut malam. Penurunan kesehatan ini berkaitan dengan berkurangnya jam istirahat para remaja tersebut.

Dalam studi ini, para peneliti dari University of Tokyo meneliti sekira 18.000 remaja di sekolah SMP dan SMA di Jepang. Para peserta menjawab pertanyaan yang dirancang untuk menilai gejala kecemasan dan depresi. Peserta juga melaporkan berapa jam mereka tidur setiap malam dan seberapa sering mereka berbicara dengan menggunakan ponsel atau berkirim e-mail. Temuan ini tidak mengejutkan, mengingat apa yang kita ketahui tentang hubungan antara waktu tidur singkat dan kesehatan mental yang buruk, demikian yang dilansir Foxnews.

Sudah banyak penelitian yang menghubungkan kurang tidur dengan masalah mental pada remaja. Misalnya, sebuah penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa remaja yang memiliki masalah tidur berada pada peningkatan risiko pikiran untuk bunuh diri dan menyakiti diri.

Namun, para peneliti mengingatkan bahwa studi ini hanya ditemukan pada kelompok remaja tertentu dan mereka tidak bisa mengatakan bahwa penggunaan ponsel malam hari menyebabkan masalah kesehatan mental. Bisa jadi bahwa remaja yang menggunakan ponsel setelah tidur adalah kelompok yang rentan terhadap masalah kesehatan mental

0 comments:

Posting Komentar