Blackberry 10 Tidak Mampu Menyelamatkan RIM?


 Sejarah RIM dapat dibagi menjadi 2 periode yaitu ketika pertama hadir di pasar smartphone hingga akhir 2010 dimana unit yang dikapalkan dan pendapatan terus meningkat, dan periode setelahnya...
Setelahnya dimana unit yang dikapalkan dan pendapatan terus menurun.  Pertanyaan yang dihadapkan pada RIM dari sejarah tersebut adalah apakah tren terbaru akan berlanjut dan dapat meraih kembali kepopulerannya?Blackberry 10 (BB10) dapat dianggap sebagai usaha RIM untuk dapat kembali ke masa jayanya.
Herannya, BB10 baru akan diluncurkan awal 2013. Sebagian orang menganggap RIM bekerja lamban. RIM percaya bahwa software dan perangkat terbaru yang dihadirkan nanti akan menarik perhatian sebagian besar pengguna yang telah ada sehingga tidak beralih ke platform lain.

Namun menurut beberapa analis, RIM hanya akan mengalami sedikit lonjakan selama 2013. Sedangkan secara keseluruhan perusahaan akan terus mengalami kemunduran. Dengan kata lain BB10 hanya mampu memberikan peningkatan sementara namun tidak akan mampu menyelamatkan RIM.

Dikutip dari telecomasia.net, 2 faktor utama yang dihadapi RIM dalam 2 tahun terakhir adalah, pertama Blackberry tidak lagi menjadi smartphone yang mayoritas dibeli. Kedua, calon pembeli smartphone dilimpahi beragam pilihan yang membuat mereka tidak memilih untuk membeli Blackberry. Kedua hal tersebut akhirnya menekan penjualan perangkat RIM. Fenomena pertama tidak dapat dihentikan.

Survey terbaru menunjukkan mayoritas pengguna Blackberry berharap ingin mengganti perangkat Blackberry tersebut dengan iPhone atau Android. Tren kedua secara teori dapat dihentikan, namun RIM tampaknya tidak fokus melihat pendekatan ini di BB10.

Strategi yang digunakan RIM pada perangkat BB10 adalah 'menjadi Blackberry terbaik buat pengguna Blackberry', ketimbang memikirkan hal yang perlu dibuat untuk menyaingi platform lain. RIM hanya fokus di multitasking, produktifitas, email, kontak dan aplikasi kalendar yang lebih baik dibandingkan game yang lebih menarik, konsumsi konten yang luar biasa atau pengalaman jejaring sosial yang berbeda.

Kita tidak dapat menyalahkan RIM dalam hal mempertahankan 80 juta penggunanya. Namun beberapa analis menilai sebaiknya RIM membuat setengah perangkat yang ada untuk mendapatkan pengguna baru dan setengahnya lagi untuk pengguna yang telah ada dengan perangkat yang ditingkatkan. Karena hasil survey menunjukkan dalam dua tahun ini porsi pengguna Blackberry yang beralih ke platform lain lebih banyak ketimbang terus bertahan menggunakan Blackberry. Kita lihat saja nanti.(tabloidpulsa)
 

0 comments:

Posting Komentar