Inilah penyebab Indonesia tidak bisa jadi negara maju



Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengakui paling tidak ada beberapa faktor yang menjadi penghambat negara berkembang termasuk Indonesia untuk menjadi negara maju.Data 2008, ada 103 negara berkembang, namun yang berhasil menjadi negara maju hanya 13 negara. Negara yang tidak bisa maju tersebut terjebak dalam middle income trap.

"Ada 3 faktor utama, dasar persoalannya adalah pembangunan infrastruktur dan ini sangat fundamental. Kalau ini gagal maka kita sulit meloncat jadi negara maju," ungkap Hatta di Seminar Indonesia Infrastructure Outlook 2013 di Hotel Four Season, Jakarta, Selasa (18/12).

Faktor yang kedua yang akan menjadi penghambat negara berkembang menjadi negara maju adalah gagalnya membangun kemandirian pangan. Serta faktor terakhir adalah gagalnya sebuah memberikan perlindungan sosial bagi masyarakat. "Kita tidak ingin masuk kesini (middle income trap), ketiga program ini, menjadi prioritas bangsa kita.".

Dia mengatakan pemerintah sedang berusaha untuk mengalahkan tiga faktor yang jadi tantangan tersebut, dengan salah cara memperbesar anggaran untuk infrastruktur, pangan dan perlindungan sosial.

"Belanja kita, Rp 115 triliun untuk penanggulangan kemiskinan. Dan kita juga telah menyiapkan Rp 300 triliun lebih untuk infrastruktur," ungkapnya.

0 comments:

Posting Komentar