[SEREEM] Vampir Lepas di Serbia, Penjualan Bawang Putih Meningkat





Bagi sebagian orang vampir merupakan tokoh fiksi atau hanya takhayul, namun tidak untuk warga Serbia. Mereka kalang kabut saat dewan setempat mengeluarkan peringatan adanya vampir lepas. Alhasil para warga berbondong-bondong membeli bawang putih untuk melindungi diri.

Pemerintah mengeluarkan peringatan itu setelah sebuah pabrik tua yang dipercayai sebagai tempat tinggal vampir telah runtuh. Vampir tersebut bernama Sava Savanovic yang merupakan vampir legendaris dalam cerita rakyat Serbia. Diceritakan, Savanovic hidup di sebuah tempat penggilingan di bantaran sungai Rogacica, Kota Bajina Basta, dengan meminum darah siapa saja datang ke pabrik itu untuk menggiling padi.

Pabrik itu sebetulnya dimiliki oleh keluarga Jagodic tapi terlalu takut untuk menggunakannya dan baru tahu kemudian bahwa tempat itu mengandung emas. Namun mereka tetap tidak melakukan kegiatan karena khawatir vampir di situ akan marah jika terganggu. Alhasil, tempat itu dibiarkan hancur termakan usia yang kini membuat si vampir tidak punya rumah lagi.

"Masyarakat tahu legenda itu dan berpikir vampir tersebut sekarang sedang mencari rumah serta korban baru sehingga kita semua ketakutan," ucap walikota Miodrag Vujetic. "Mereka yang tidak tinggal di kawasan itu mungkin akan menertawakan ketakutan ini. Namun tidak ada satu penduduk lokal meragukan keberadaan vampir Savanovic ini."

Vujetic juga mengatakan dewan setempat menyarankan kepada semua warga agar menaruh bawang putih di pintu dan jendela rumah agar terlindung. Pasalnya vampir tidak akan tahan mencium bau bawang putih. "Kami juga mengingatkan agar warga meletakkan salib di setiap kamar mereka," imbuhnya.

0 comments:

Posting Komentar