Aneh Gadis 20 Tahun ini Terperangkap dalam Tubuh Bayi


Tubuh Brooke Greenberg terlihat seperti seorang bayi. Namun, dia sejatinya dalah perempuan berusia 20 tahun. Kecuali usianya yang terus bertambah, secara fisik dan kognitif Brooke tidak berbeda dengan bayi berusia sembilan bulan hingga satu tahun.

Ketika muncul dalam acara bincang-bincang di Amerika, ia ditemani kedua orangtuanya dan adiknya yang berusia 17 tahun. Seperti bayi lainnya, ia tidak dapat berbicara, mempunyai gigi bayi dan selalu menggunakan kereta bayi saat bepergian.

"Mulai usia satu sampai empat tahun, Brooke berubah. Tubuhnya berkembang, tapi ia berhenti tumbuh pada usia empat tahun," kata ayahnya Howard Greenberg, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (10/1).

Kondisi Brooke yang langka ini tentu membingungkan keluarganya. Apalagi para dokter yang dimintai pendapat tidak bisa menjelaskan kondisi yang sebenarnya terjadi pada diri gadis tersebut.

Brooke telah diperiksa sejumlah institusi medis ternama di AS, tapi tidak menghasilkan diagnosis apapun. Dokter akhirnya menamai kondisi Brooke dengan Sindrom X. Direktur Icahn Institute for Genomics and Multiscale Biology di Pusat Medis Mount Sinai, New York, Eric Schadt menjelaskan tidak ada abnormalitas pada sistem endokrin Brooke, tidak ada kelainan kromosom atau kelainan lain pada manusia yang bisa mengganggu pertumbuhan.

Selama 15 tahun, Brooke berada dalam tubuh yang sama. Ia memerlukan perawatan 24 jam penuh dari orangtuanya. Makanan masuk ke tubuhnya melalui tabung yang disambungkan ke perutnya, sebab saluran esofagusnya terlalu kecil. Makanan bisa masuk ke paru-parunya dan menyebabkan pneumonia.

"Kunci bersama Brooke adalah kami tidak tahu apa yang akan terjadi esok," ujar Ibunya Melanie Greenberg.

Ilmuwan percaya kode genetik Brooke bisa memberikan pemahaman baru terhadap proses penuaan. Penelitian itu juga bisa membantu menemukan perawatan yang tepat terhadap karena usia tua, seperti Parkinson. Tes menunjukkan bahwa Brooke yang lahir pada 1993 mungkin menderita mutasi gen yang menghambat kemampuan tubuh untuk berkembang.

Schadt kini sedang mengurutkan susunan gen milik Brooke yang terdiri dari dua rentetan panjang kode ayah dan ibunya. Tiap rentetan terdiri dari tiga juta kode, dan perubahan pada satu kode saja bisa mengakibatkan efek pada perkembangan, penampilan fisik dan risiko penyakit.

Enam tahun pertama hidupnya, Brooke kerap kali keluar masuk ICU. Ia kemudian bisa pulih, seringkali tanpa bisa dijelaskan. Ia mampu bertahan dari tujuh operasi usus dan kejang otak yang sertai stroke. Namun, beberapa pekan berikutnya ia pulih. Pada usia empat tahun, ia pernah koma selama 14 hari. Dokter mendiagnosanya dengan tumor otak, tapi tumor itu kemudian menghilang begitu ia bangun dari tidurnya.

Bagaimanapun, ibunda Brooke tetap mencintai putrinya apa adanya. Kendati demikian, jika ada orang lain yang menanyakan berapa usia anaknya biasanya ia tidak menjawab dengan jujur.

"Bila seseorang bertanya berapa usianya, saya akan menjawab Brooke berusia 20 bulan," katanya.

0 comments:

Posting Komentar