PHOTO: Karya Seni yang Sangat Aneh!


Melihat gambar ini mungkin anda akan tertipu, seorang petugas keamanan museum memeriksa sebuah patung kepala yang sedang dipamerkan oleh Ron Mueck, pematung asal Australia yang menggelar pameran tunggalnya di Royal Scottish Academy di Edinburgh, Skotlandia.

Patung yang aneh ini adalah kreasi dari seniman Austria, Deborah Seng's, karya seni dengan judul "Puma Dentist", menggunakan bahan plastik, Deborah memamerkan karyanya berupa seorang dokter gigi berkepala macan sedang memeriksa gigi pasiennya yang berkepala sapi di Galeri Deschler, Berlin.

Banyak karya seni dibuat dengan imajinasi yang terkadang tak pernah kita pikirkan, aneh namun banyak tersebar dan tidak sedikit mengundang decak kagum. Seorang seniman Jepang, Tadashi Kawamata dalam sebuah pameran yang berlangsung di Abu Dhabi membangun sebuah seni instalasi menggunakan ratusan kursi, instalasi itu dinamai sesuai dengan bahan yang digunakan, "Chairs".

Sepeda berwarna merah jambu menjadi seni instalasi yang dibua oleh warga Schalkwijk untuk menyambut datangnya musim balap sepeda Giro d'Italia. Sejumlah sepeda itu didirikan di atas air.

Sejumlah orang berada dibawah awan yang bersinar karya seniman Kanada Wayne Garret dan Caitlind Brown yang bertajuk "CLOUD" pada festival cahaya di Marina Bay, Singapura.

Sejumlah ornament terlihat melayang dalam sebuah pameran yang berlangsung di Pusat Budaya di Burgos, Spanyol. Seniman Spanyol Pamen Pereira sengaja menggantung sejumlah ornamen seperti kursi, meja, karpet dengan menggunakan tali plastik berwarna bening untuk karyanya yang diberi judul " This Is a Love Story".

Terinspirasi dari partikel atom, seniman Australia Nike Savvas membangun sebuah instalasi menggunakan bola-bola yang terbuat dari busa. Karya yang dibuat sebagai tugas akhirnya ini dipamerkan di New South Wales Art Galerry dengan tajuk "Atomix-Full of Love, Full of Wonder". Bola-bola itu digoyangkan oleh 10 kipas angis yang membuat bola tersebut seperti melayang.

Seniman Cristina Lucas membangun karyanya dengan imajinasi negeri raksasa. Dalam pameran yang digelar di Pusat Seni Kontemporer Andalusia di Seville, Spanyol. Cristina menamai raksasa dalam karyanya "Alice".

Dari sebuah kegilaan berolahraga, seniman Belgia Pascal Bernier membuat sebuah seni instalasi menggunakan tengkorak dan sebuah peralatan fitness untuk karyanya yang berjudul "Fitness Addiction" dalam pameran yang digelar di gedung eksibisi Botanique di Brussels.

Bansky yang masyur dengan lukisan-lukisan yang ia buat disejumlah negara membuat patung instalasinya dengan media replika patung dari abad ke 18 . Karya yang ia beri nama "Cardinal Sin" ini dibuat sebagai respon dari banyaknya skandal yang terjadi didalam gereja.

Seniman Inggris David Mach tahu benar jika kotak telepo berwarna merah khas London ini bempunyai daya tarik, ia pun membuat sebuah instalasi menggunakan kotak - kotak telepon yang sudah tak digunakan di Kingston.

Seorang pria mengamati sebuah patung karya Mariechen Danz, seniman asal Berlin yang berjudul "Organ Mapping".

Instalasi seorang bocah gemuk buatan seniman Tiongkok Mu Boyan menjadi salah satu karya seni yang dipamerkan dalam Hongkong Internasional Art Fair. Karya lucu ini bertajuk "Nude No.2".

Menggunakan sejumlah alat timbang badan, sebuah karya bertajuk 'Heaven is a Place on Earth' dibuat oleh seniman Swedia Jacob Dahlgren dipamerkan di Museum of May 25th, Belgrade, Serbia.

Sebuah produsen mobil mendirikan sebuah seni instalsi untuk mengenalkan mobil produksi terbaru mereka di kawasan Manhattan, New York.

Sebuah karya seni fiber berjudul "The Embrace" karya Patricia Piccinini di pamerkan di Basel, Swiss.

Seniman Tiongkok memenuhi tubuhnya dengan lukisan senada dengan bentuk komik yang dibariskan dalam sebuah pertunjukkan seni yang ia lakukan di Caracas.

Sejumlah pelajar duduk di dalam instalasi karya seniman Hongkong kelahiran Inggris Simon Birch. Instalasi bertajuk "Crawling from the Wreckage" dipamerkan dalam pameran tunggal Simon "Hope and Glory" .

Seorang pengunjung pameran memandangi instalasi meja raksasa karya Robert Therrien dalam pembukaan pameran yang berlangsung di Metropolitn Art Center di Belfast, Irlndia.

Wisatawan behenti sejenal kala melihat balon sabun yang dibuat oleh seniman Manny Ford di Central Park, New York.

Tampak seperti orang yang tewas tenggelam di dalam sebuah kolam membuat banyak pengunjung pameran memandangi secara detil instalasi yang dipamerkan di 53rd Biennale International Art Exhibition di Venice, italia.

Patung-patung keco yang menempel di sebuah gedung merupakan instalasi karya seniman Kuba, Roberto Fabelo. Instalasi yang menyerupai agresi kecoa di Havana ini dipamerkan di 10th Havana Biennial yang melibatkan 200 seniman dari 40 negara.

Di Tamarama Beach, seniman Jeremy Parnell hampir saja menipu sejumlah wisatawan dengan telur mata sapi bulatnya yang berukuran besar, karya yang diberi judul "Big Chook". Menggunakan bahan fiber, Jeremy terinspirasi dari sarapan paginya.

Sebuah karya seni instalasi 3 dimensi dibuat oleh seniman Kanada Evan Penny Menggunakan alumunium, silikon dan rambut. Karya seni yang menampilkan dimensi 3 wajah ini diberi judul 'Panagiota: Conversation #1, Variation 2' di pamerkan di Art Basel show di Miami Beach.

MSN.com

0 comments:

Posting Komentar