Ada Planet Baru yang di Perkirakan Layak Huni


Unic29.com - Sekelompok astronom dikabarkan menemukan planet baru yang mempunyai udara seperti Bumi dan diperkirakan dapat ditempati manusia. Seperti apa?
Tim ahli astronomi Inggris dan Jerman itu awalnya mengklaim telah menemukan tiga planet baru yang mengorbit di bintang yang berjarak 44 tahun cahaya. Namun setelah diteliti lebih lanjut, hanya satu dari planet itu yang berada di Zona Goldilocks, yang merupakan rangkaian di sekitar matahari yang suhu tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin bagi keberadaan air.
"Planet bernama HD 40307 adalah bintang kerdil tua yang sangat tenang, sehingga tak ada alasan mengapa planet semacam itu tak bisa berisi iklim seperti di Bumi," ujar Guillem Angla-Escude, seorang astronom dari Universitas Goettingen, Jerman, seperti dilansir inilah.com.
Angla-Escude yang memimpin penelitian ini bersama Mikko Tuomi dari Universitas Hertfordshire, Inggris, menyebutkan bahwa planet baru itu memiliki massa sedikitnya tujuh kali massa Bumi, tapi mengorbit dalam jarak yang sama dari matahari. Artinya planet tersebut menerima resapan energi matahari sama seperti yang diperoleh Bumi.
Salah satu anggota tim peneliti dari Universitas Hertfordshire, Hugh Jones, juga mengatakan bahwa Planet HD 40307 adalah planet yang kondisinya paling mendekati Bumi dalam hal zona yang bisa dihuni.
"Planet ini berada di orbit yang bisa dibandingkan dengan yang ada di Bumi, sehingga meningkatkan kemungkinan planet tersebut bisa ditinggali," tambahnya.
Para astronom yang menemukan planet itu mengungkapkan temuan mereka di jurnalAstronomy & Astrophysics berdasarkan kajian data spektrograf HARPS yang dipasang pada teleskop European Southern Obersevatory di La Silla, Gurun Atacam di Chile.
Alat HARPS mampu mengambil gambar perubahan kecil dalam warna cahaya yang datang dari bintang tuan rumah saat cahaya tersebut bergoyang di bawah pengaruh daya-tarik planet yang mengorbit. Tim tersebut menggunakan teknik baru untuk menyaring sinyal yang disebabkan oleh bintang tuan rumah itu sendiri.
"Ini secara mencolok meningkatkan kepekaan kami dan memungkinkan kami mengungkapkan tiga planet baru di sekitar bintang tersebut," kata Mikko Tuomi.
Sejak pertama kali dideteksi pada awal 1990-an, sudah lebih dari 800 planet telah ditemukan di luar sistem Galaksi Bima Sakti. Namun hanya segelintir planet yang telah berada di wilayah yang dianggap layak huni.

0 comments:

Posting Komentar