ISIS Umumkan Kekhalifahan Baru di Irak-Suriah


Islamic State Iraq and al-Syam (ISIS), Awal Ramadhan resmi memproklamirkan kekhalifahan yang baru dengan menyatukan wilayah-wilayah yang mereka kuasai di Irak dan Suriah ke dalam satu kekhalifahan.

Abu Muhammad al-Adnani mengatakan hari Minggu (29/06) melalui situs internet dan Twitter bahwa di kekhalifahan ini semua aspek kehidupan akan diatur sesuai dengan hukum syariat Islam.

ISIS juga mengatakan telah mengangkat pemimpin mereka, Abu Bakr al-Baghdadi sebagai khalifah, yang dikatakan sebagai pemimpin semua umat Islam.

"Ia adalah imam dan khalifah bagi setiap Muslim," kata Al-Adnani.

Kekhalifahan tersebut mencakup wilayah dari Aleppo di Suriah utara hingga Diyala di Irak timur. Pembentukan kekhalifahan Islam diumumkan setelah ISIS merebut beberapa wilayah di Irak.

Khilafah terakhir yang diakui umat Muslim sedunia adalah Khilafah Utsmani. Khilafah itu berakhir sekitar 100 tahun atau seabad lalu.

"(Dewan) Syura dari Negar Islam bertemu dan membahas masalah ini (kekhalifahan). Negara Islam memutuskan untuk mendirikan negara Islam dan menunjuk khalifah untuk negara kaum Muslimin," kata al-Adnani.

"Pemimpin jihad Baghdadi ditunjuk sebagai khalifah kaum Muslimin," lanjut dia. "Baghdadi telah menerima sumpah setia, dan dengan demikian dia telah menjadi pemimpin bagi umat Islam."

ISIS mengumumkan berdirinya kekhalifahan Islam dalam pesan audio yang diunggah di Internet. Dalam rekaman audio tersebut, Pejuang ISIS menekankan "menolak demokrasi dan sampah Barat lainnya".

ISIS -kelompok militan Sunni- memiliki para pejuang asing yang berasal dari luar Irak.

Juru bicara ISIS mengatakan perkembangan ini membuat mereka mengubah nama dari ISIS, yang bermakna Negara Islam Irak dan Levant, menjadi "Negara Islam" saja.

"Kata-kata 'Irak' dan 'Levant' telah dihapus dari nama Negara Islam, " kata al-Adnani, seperti dikutip news.com.au Senin (30/6/2014). Dia mengklaim khalifah baru itu mewujudkan mimpi umat Islam.

Istilah khalifah muncul setelah wafatnya Nabi Muhammad. Khilafah Islam disebut pernah mengalami zaman keemasan pada Dinasti Umayyah tahun 661-750. Serta khilafah Abbasiyah tahun 750-1517. Sedangkan khilafah terakhir adalah khilafah Ottoman yang runtuh tahun 1924.

0 comments:

Posting Komentar