Tips Memasak Cara Sehat



Tidak semua lemak itu jahat kok. Kenali HDL, sebagai lemak yang baik dan bermanfaat untuk tubuh.
Dari manakah lemak baik itu diperoleh? Umumnya lemak baik itu bisa diperoleh lewat beberapa bahan lemak nabati, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak sayur, dan semua yang berbahan nabati.
Berikut adalah beberapa tips memasak sehat yang bisa dipraktekkan di rumah, yuk simak.
Tips 1:
Pilih minyak nabati untuk memasak, namun hindari pemakaian yang berlebihan.
Tips 2:
Bahan-bahan whole grain adalah bahan yang kaya akan fiber, vitamin B, magnesium, dan zinc. Dan bahan-bahan ini sangat baik untuk membantu merawat kesehatan jantung serta menurunkan kolesterol.
Tips 3:
Tambahkan aneka warna sayuran dan buah-buahan sebagai bahan masakan Anda. Dengan keragaman warna, maka nutrisi akan lebih beragam pula sehingga tubuh mendapat cukup suntikan gizi.
Tips 4:
Hati-hati memilih bagian daging. Pilih bagian yang tidak terlalu banyak lemak. Semisal, bagian dada ayam, untuk daging pilih yang tidak banyak bagian putihnya.
Tips 5:
Tetap pilih non-fat untuk semua produk susu. Kandungan kalsium pada produk susu sangat baik untuk tulang. Tetap ingat bahwa semakin bertambahnya usia, kebutuhan kalsium juga tidak berkurang, sehingga nutrisi kalsium ini harus diberikan di usia kapanpun.
Tips 6:
Porsinya harus tetap terjaga. Hindari makan berlebihan agar kandungan kalori dalam tubuh tetap terkontrol. Demikian pula saat memasak, batasi porsinya sehingga Anda tidak lepas kontrol saat mengonsumsi.
Tips 7:
Jangan gunakan pemanis buatan untuk memasak. Lebih baik gunakan madu, gula tebu, gula jagung yang memang jauh lebih aman.
Tips 8:
Gunakan MSG alami. Hmm... apa itu MSG alami? Sebenarnya MSG alami terdapat pada beberapa bahan yang ada di sekitar kita. Dan bahan tersebut dapat menggantikan MSG buatan yang biasa Anda pakai.
Apa saja MSG alami tersebut? Anda bisa menemukannya dari udang rebon, tomat, dan jamur.

0 comments:

Posting Komentar