WOW Layanan Kesehatan Cuma-Cuma Di Indonesia, Akhirnya Bukan Hanya Mimpi.

Dompet Dhuafa Resmikan Rumah Sehat Terpadu

BOGOR – Dompet Dhuafa akan meresmikan Rumah Sehat Terpadu (RST), yang merupakan Rumah Sakit tak berbayar alias gratis bagi masyarakat miskin. Di tahun pertama, rumah sakit ini ditargetkan sanggup menerima 54 ribu pasien miskin.

Rumah sakit yang berdiri di atas lahan seluas 7.803 m2 ini berlokasi di Desa Jampang Kec. Kemang, Bogor Jawa Barat tersebut diresmikan pada Rabu (4/7) Ketua Dewan Pembina Dompet Dhuafa Parni Hadi, didampingi Wakil Bupati Bogor, Wakil Ketua DPRD Bogor dan perwakilan pasien dan donatur.

"Alhamdulillah di ulang tahun yang ke-19 Dompet Dhuafa, mimpi kami untuk memiliki rumah sakit sendiri dengan fasilitas lengkap dapat terwujud,," ungkap Presiden Direktur Dompet Dhuafa, Ismail A Said.

Selama ini, kata Ismail, Dompet Dhuafa telah menyediakan layanan kesehatan gratis bagi masyarakat miskin melalui klinik Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) yang berada di sejumlah daerah. Namun, karena banyaknya pasien yang dibawa ke klinik ini kondisinya sudah sangat parah, maka sebagian besar dirujuk ke rumah sakit besar yang menjadi mitra. "Peralatan yang ada di LKC belum memadai untuk tindakan medis lebih lanjut," terangnya.

Dengan adanya RST ini, pasien yang datang ke LKC dan kondisinya sudah "stadium empat" bisa langsung dilayani di RST tanpa birokrasi yang lebih rumit dibanding harus dibawa ke Rumah Sakit pemerintah atau swasta.

RST dibangun dengan dana wakaf dan infak/sedekah, sementara operasionalnya menggunakan zakat. RST memiliki 11 gedung dan bagian. Gedung untuk pelayanan antara lain bangunan utama, gedung rawat anak, High Care Unit dan bersalin, gedung rawat orang dewasa, gedung operasi, dapur gizi, power house, groud water tank, koridor, pos satpam, mushala, dan bangunan pendukung.

Pelayanan yang tersedia meliputi unit gawat darurat, poli umum, klinik spesialias, perawatan gigi, konseling rohani dan jiwa, rehabilitasi medik, serta herbal dan acupuncture. Rawat inap diperbesar dan memisahkan 3 kategori pasien yaitu anak-anak, perempuan, dan laki-laki. Di kawasan ini juga dibangunkan pusat keperawatan dan taman untuk pemulihan psikis.

Dompet Dhuafa masih menanti uluran tangan para dermawan dan donatur sekalian untuk melengkapi alat kesehatan yang dibutuhkan oleh rumah sakit ini. "Juga untuk operasional rumah sakit ini ke depannya. Ini adalah bukti the power of wakaf and zakah," pungkas Ismail.

Semoga dengan hadirnya Rumah Sehat Terpadu ini dapat memberikan kontribusi terhadap pelayanan kesehatan untuk kaum dhuafa. dan kita berdoa semoga semakin banyak Rumah Sehat Terpadu lainnya.

0 comments:

Posting Komentar