5 Kecelakaan Pesawat yang Merenggut Nyawa Musisi




Kecelakaan pesawat banyak terjadi di dunia. Beberapa di antaranya melibatkan musisi terkenal. Ini dia lima kecelakaan pesawat yang membuat dunia musik berduka.

1. Buddy Holly, Richie Valens, The Big Bopper

Peristiwa yang dialami para musisi ini dikenal sebagai The Day the Music Died. Kecelakaan terjadi 3 Februari 1959 di Clear Lake, Iowa menewaskan musisi rock & roll Buddy Holly, Richie Valens dan JP "The Big Bopper" Richardson. Pilot pesawat tersebut Roger Peterson juga ikut tewas.

Ketiga musisi yang saat itu sedang naik daun tersebut sedang tur bersama dalam 'Winter Dance Party'. Mereka berkeliling selama tiga minggu untuk mempromosikan album masing-masing. Pesawat kecil sewaan itu mengalami kecelakaan karena kondisi cuaca dan kesalahan pilot. Hingga kini peristiwa kecelakaan tersebut masih dikenang para insan musik dunia.

2. Tiga Personel Lynyrd Skynyrd

Kecelakaan pesawat menimpa band Lynyrd Skynyrd pada 20 Oktober 1977. Seketika mereka kehilangan tiga anggotanya yaitu vokalis dan penulis lagu Ronnie VanZant, gitaris Steve Gaines, dan vokalis Cassie Gaines. Asisten mereka Dean Kilpatrick juga ikut dalam penerbangan tersebut.

Menurut laporan, pilot pesawat salah memperhitungkan bahan bakar. Selain itu pesawat juga mengalami kerusakan mesin sehingga mesin pembakaran tidak berjalan sempurna.

3. Gitaris blues Stevie Ray Vaughan

Pada 27 Agustus 1990 gitaris blues Stevie Ray meregang nyawa di usia 35 tahun karena kecelakaan helikopter. Kecelakaan terjadi di East Troy, Wisconsin.

Empat helikopter dikerahkan untuk memboyong rombongan pengisi acara sebuah konser. Sayangnya helikopter yang membawa Stevie yaitu Bell BHT-206-B terbang terlalu rendah dan jatuh setelah masuk ke dalam kabut. Gagalnya helikopter mencapai tingkat ketinggian yang seharusnya membuat lima orang yang menumpang di dalamnya tewas seketika.

4. John Denver

Penyanyi John Denver meninggal pada 12 Oktober 1997 ketika pesawat eksprimental bermesin satu Rutan Long EZ jatuh di dekat Monterey, California. Awalnya tim penyelamat tak bisa mengenali korban karena jenazah yang ditemukan menderita luka bakar parah. Lalu tim identifikasi mengenali jenazah tersebut sebagai John lewat sidik jarinya. Lagu-lagu ciptaan John yang masih hidup hingga sekarang di antaranya 'Leaving on the Jet Plane', 'Country Roads', 'Rocky Mountain High' dan 'Sunshine on My Shoulders'.

5. Aaliyah

Penyanyi R&B dan aktris Aaliyah meninggal pada 25 Agustus 2001 di usia 22 tahun. Ia mengalami kecelakaan pesawat ketika meninggalkan Bahama setelah syuting. Pesawat Cessna 402-B yang ditumpanginya oleng ketika hendak take off. Hasil investigasi menemukan kokain dan alkohol di tubuh sang pilot.

Dugaan lain menyebutkan pesawat kelebihan muatan. Sembilan orang yang menumpangi pesawat tersebut tak bisa diselamatkan.

0 comments:

Posting Komentar