Kemunculan Putri Duyung Hebohkan Israel, pertanda apakah? [ FOTO ]


Penampakan itu telah muncul sejak beberapa bulan lalu. Jubir Kiryat Yam, Natti Zilberman menyatakan pemerintah menawarkan hadiah Rp 10 miliar bagi orang pertama yang memotret makhluk itu. Cerita putri duyung ada di seluruh penjuru dunia. Cerita itu juga telah muncul sejak berabad-abad yang lalu.

Cerita putri duyung pernah diungkapkan oleh kapten kapal Richard Whitbourne yang mengklaim melihat putri duyung di pelabuhan Newfoundland St James pada 1610. Cerita lain di Skotlandia pada 1830 seorang bocah telah membunuh putri duyung dengan melemparinya dengan batu. Makhluk itu mirip anak kecil 3-4 tahun, tapi memiliki ekor dan bukannya kaki. Penduduk setempat membakar dan menguburkannya dalam peti mati berukuran kecil.

Rp10 Miliar Jika Bisa Buktikan Putri Duyung

 Putri duyung selama ini hanya dijumpai di buku maupun film dongeng. Namun, sejumlah warga kota pesisir di Israel mulai yakin bahwa tokoh dongeng itu benar-benar nyata.

Itulah sebabnya pemerintah kota Kiryat Yam pekan lalu menawarkan imbalan US$1 juta (sekitar Rp 10 miliar) bagi orang yang bisa membuktikan bahwa ada putri duyung di laut dekat kota mereka.

Pasalnya, menurut laman kantor berita Jewish Telegraphic Agency, 12 Agustus 2009, dalam beberapa bulan terakhir sejumlah warga Kiryat mengaku pernah melihat mahluk yang mirip dengan putri duyung - yang menurut dongeng adalah perempuan yang setengah badan ke bawah berbentuk ikan. Mahluk itu, kata mereka, berlompat-lompat di air layaknya ikan lumba-lumba sebelum akhirnya menghilang di bawah laut.

Gara-gara laporan itu, makin banyak orang yang mampir ke pantai pada malam hari. Menurut laporan saksi, mahluk itu biasanya muncul setelah matahari terbenam.

Penasaran dengan laporan dari para warga, pemerintah Kiryat Yam akhirnya menggelar sayembara dengan menawarkan uang banyak bila ada yang bisa membuktikan kebenaran cerita itu.

Akibatnya, banyak warga membawa kamera dan siap mengabadikan momen langka itu. Namun, sampai kini, belum ada laporan bila ada yang melihat dan berhasil mengambil gambar putri duyung.

bbc.co.uk

0 comments:

Posting Komentar