Teh Ternyata Bisa Dimasak, Lho!


detail berita
Salah satu masakan memakai teh (Foto:Corbis)
SELAMA ini, sebagian orang hanya tahu bahwa teh sekadar konsumsi minuman. Nyatanya, teh juga bisa diolah dalam masakan, seperti dilakukan masyarakat China.

Berbagai jenis teh bisa dipakai pada masakan karena teh bisa membawa rasa yang unik, mulai dari jenis daun hingga tempat teh berasal. Teh pun bisa digunakan, mulai dari hidangan makanan ringan seperti teh telur hingga hidangan yang susah dibuat seperti memakai unggas dan daging asap yang sudah direbus.

Dilansir Timesofindia, di daerah Kampung China di Singapura, Anda akan bisa menemukan makanan China yang memakai teh. Di tempat ini pun tersedia berbagai macam teh yang enak dan disajikan dalam cangkir porselen.

Belum lagi makanan yang disediakan, yakni hidangan ayam kukus yang sederhana, disajikan dengan pokchoy dan nasi. Bila diperhatikan, daging ayamnya telah digosok dengan daun teh, serta diolah dengan berbagai macam herbal juga rempah-rempah yang ada di Cina. Olahan ini dibungkus dengan kertas alumunium sebelum dikukus.

Warna daging ayamnya pun sedikit kuning akibat pemakaian teh serta berbau harum. Tak ketinggalan, aroma kaldunya yang sangat menggoda.

Selain olahan daging ayam, terdapat pula olahan daging bebek. Daging bebek bagian dada digosokkan dengan daun teh kemudian diberi beberapa bumbu.

Untuk memakai teh pada masakan, baik direbus atau ditumis, caranya adalah teh terlebih dahulu diseduh. Biarkan teh lebih meresap selama 30 menit dalam air murni, lalu saring dan siap digunakan. Andaikan Anda ingin menumis kacang hijau dengan bawang putih, berikan beberapa sendok teh yang sudah dibumbui dengan garam.

Bahkan dengan teh, Anda bisa mengasinkan daging domba atau potongan daging lainnya. Bisa juga dengan memakai daun teh yang sudah dihancurkan dengan roll daging sehingga bumbu meresap selagi dipanggang. Dengan memakai teh, Anda bisa sedikit lebih berkesperimen serta mencari tahu rasa yang disukai.

Cara membuat teh telur, rebus 6 telur dalam tiga gelas air selama 10 menit. Kemudian, angkat telur dan pada saat dingin, retakkan telur tersebut, tapi jangan sampai pecah. Kemudian, masukkan kembali ke dalam air mendidih ditambah satu sendok makan garam dan dua sendok makan bubuk teh hitam atau teh hijau. Biarkan mendidih selama satu jam.

Bila sudah, angkat telur kemudian kupas. Anda akan memiliki telur dengan efek marmer yang cantik dan rasanya pun cukup unik. Telur ini bisa disajikan sebagai camilan di rumah

0 comments:

Posting Komentar