Aceh Akan Tetap Kibarkan Bendera Bulan-Bintang

bendera aceh
Perundingan mengenai desain dan warna bendera ini tidak kunjung selesai.

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh berencana akan mengibarkan bendera bulan-bintang yang selama ini menjadi kontroversi karena sama dengan lambang gerakan Aceh Merdeka pada 15 Agustus nanti.

Pengibaran ini bertepatan dengan penandatanganan perjanjian damai antara pemerintah pusat dan Gerakan Aceh Merdeka di Helsinki, 2005 silam.

Meski demikian, hingga saat ini pemerintah pusat belum menyetujui pemakaian bendera itu sebagai lambang provinsi Aceh karena sama dengan lambang gerakan separatis. Perundingan mengenai hal ini pun berlangsung alot dan Klik harus diperpanjang beberapa kali.

Djohermansyah Djohan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri mengatakan pemerintah pusat akan bertindak tegas apabila Aceh tetap berkeras untuk mengibarkan bendera ini.

"Kita akan melarang pengibaran itu. Nanti 'kan ada semua petugas negara. Sudah bilang tidak boleh mnggunakan simbol-simbol GAM, termasuk bendera," kata Djohermansyah.

Sama-sama Keras

Secara terpisah, Abdullah Saleh, anggota komisi A Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh mengatakan penetapan lambang provinsi Aceh ini sudah selesai secara mekanisme hukum. Oleh karena itu, ia menganggap tidak perlu ada upaya lain untuk menghambat pengibaran bendera ini.

"Rencana akan kita kibarkan 15 Agustus sekaligus dalam rangka memperingati hari perdamaian Aceh. Bendera Aceh dan bendera Republik Indonesia akan dikibarkan dalam prosesi yang diawali dengan pengibaran bendera RI baru kemudian bendera Aceh," kata Abdullah dalam wawancara telepon dengan wartawan BBC Indonesia Arti Ekawati, Kamis (25/07) pagi.

Perundingan mengenai hal ini masih akan berlanjut antara pemerintah pusat yaitu departemen dalam negeri, gubernur Aceh dan DPRD Aceh pada 31 Juli mendatang di Jakarta.

Sebelumnya pemerintah pusat meminta bendera itu diubah agar tidak mirip bendera Gerakan Aceh Merdeka. Perubahan bisa dilakukan dengan cara menghilangkan garis hitam, mengubah warna atau menambahkan jumlah bintang. [*/bbc]

0 comments:

Posting Komentar