AS Tak akan Minta Maaf atas Kesalahan Perang Afghanistan


Pernyataan Susan Rice Selasa malam (20/11) muncul setelah seorang juru bicara Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan, Karzai menantikan surat permohonan maaf dari Presiden Amerika Barack Obama sebagai bagian dari perundingan kesepakatan keamanan baru antara kedua negara.

Para pejabat Amerika mengakui, Karzai meminta surat permohonan maaf selama pembicaraan telepon dengan Menteri Luar Negeri Amerika John Kerry, Selasa.

Namun, Rice mengatakan kepada CNN, Selasa, bahwa Amerika tidak perlu meminta maaf kepada Afghanistan. Ia berdalih, Amerika telah mengorbankan diri dan mendukung Afghanistan dalam memajukan demokrasi dan memerangi para 'pemberontak' dan al-Qaida.

Pembicaraan antara Karzai dan Menteri Kerry berlangsung menjelang pertemuan yang direncanakan antara para pemimpin Afghanistan, Kamis, di mana mereka mungkin akan menyetujui sebuah kesepakatan yang akan membiarkan sejumlah tertentu tentara Amerika tetap berada di Afghanistan untuk melatih pasukan keamanan setelah penarikan hampir semua pasukan NATO pada 2014. (*/voa)

0 comments:

Posting Komentar