FOTO: Cantiknya Polwan Polda Metro Jaya Berhijab

Sejumlah Polwan Polda Metro jaya mulai kenakan Jilbab

Hari ini mungkin salah satu hari bersejarah bagi polisi wanita (polwan) RI. Para polisi wanita (polwan) patut berbangga. Pasalnya, Kapolri memperbolehkan polwan berjilbab saat bertugas.

Briptu Iswinarni, Briptu Putri, Briptu Indri, dan puluhan polwan lain sedari pagi sudah mempersipkan diri untuk apel pagi di Lapangan Mapolda Metro Jaya, Senin (25/11/2013).

Senyum sumringah menghiasi wajah mereka. Iswinarni dan rekan-rekan didaulat menjadi "model" saat polwan berjilbab untuk pertama kalinya ditampilkan ke publik.

Berjilbab tak mengurangi kecantikan fisik mereka. Meski Polri belum menyediakan jilbab yang seragam, mereka berusaha untuk menyesuaikan jilbab dengan seragam dinas masing-masing satuan.

Briptu Putri misalnya, memilih menggunakan jilbab putih. Pasalnya, dia bertugas di satuan lalu lintas. Jilbab putih itu serasi dengan ikat pinggang dan atribut yang melingkar di badannya.

Sedangkan Indri, anggota Divisi Propam, memilih jilbab warna gelap yang selaras dengan seragam Polri warna coklat. Komando tanda apel pagi segera dimulai berbunyi. Polwan berjilbab pun dengan sigap mengambil tempat masing-masing.

Berjilbab, Polwan Pilih Warna Netral

Agar tetap modis ketika di lapangan, lantas warna jilbab seperti apa yang cocok untuk polwan? Menurut pengamat fesyen Sonny Muchlison, sebaiknya warna jilbab untuk polwan disesuaikan dengan seragamnya.

"Itu tergantung dari uniform-nya seperti apa, saya enggak bisa bilang bahannya harus seperti apa karena itu urusan instansi," beber desainer yang sering mengomentari gaya busana artis kepada Okezone, Senin (25/11/2013).

Sonny pun menyarankan agar warna jilbab yang dipakai, sebaiknya menggunakan warna-warna netral, seperti, hitam, putih, cokelat, dan abu-abu.

Meski belum ada perkap yang mengatur mengenai penggunaan seragam untuk polwan berjilbab, Kasubag Humas Polrestabes Surabaya Kompol Suparti menuturkan, bahwa polwan yang ingin berjilbab dapat mengenakan seragam seperti yang dipakai polwan di Polda Aceh.

Pola sederhana dengan warna dominan coklat gelap menjadi jilbab yang digunakan polwan di Aceh dan akan dijadikan role model hijab Polri. "Jadi untuk sementara bisa merujuk seragam di Polda Aceh," tuturnya.

Wakapolda Metro Jaya, Brigjen Sudjarno juga membenarkan rujukan desain tersebut. "Kita mengacu ke Aceh, dan kita terapkan di sini," katanya di Jakarta, Senin (25/11).

Sejumlah Polwan Polda Metro jaya mulai kenakan Jilbab






FOTO: OKEZONE | VIVA

0 comments:

Posting Komentar