Wawancara: Ini Kesaksian Puluhan warga Sulteng melihat MH370 terbang Miring



Sekira 70 warga Desa Buyunturipa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengaku telah melihat pesawat oleng yang diduga merupakan Malaysia Airlines (MH) 370 yang dinyatakan hilang pada 8 Maret 2014 lalu.

Peristiwa tersebut dikatakan warga berlangsung sekira pukul 17.00 Wita, pada hari yang sama saat pesawat hilang. Saat kejadian, warga yang seusai menjalankan ibadah melihat pesawat tersebut mengalami oleng, dan mengeluarkan asap.

Pesawat berwarna putih khas MH 370 itu juga sempat berputar-putar di atas pemukiman mereka yang berada di wilayah perbukitan hingga akhirnya lenyap di balik langit.

Berikut wawancara reporter SINDO TV, Yoanes Litha, dengan beberapa warga desa yang melihat peristiwa tersebut pada 8 Maret 2014 lalu.

Apa yang anda lihat di langit saat itu?

Nasri Patiro (56): Sekira pukul 17.00 Wita, pimpinan ibadah kami Andre Estibisi, tiba-tiba berteriak 'ada pesawat jatuh, ada pesawat jatuh' saat kami duduk-duduk. Saat itu juga kami langsung berdiri dan menyaksikan peristiwa itu. Saat itu yang kami lihat pesawat berwarna putih itu menukik, berputar-putar dan mengeluarkan asap hitam.

Berapa lama anda melihat peristiwa tersebut?

Nasri Patiro: Sekira satu menit saja, langsung hilang. Saya sempat menyaksikannya.

Keterangan senada juga disampaikan warga lainnya yang melihat peristiwa tersebut, Armalius (57), warga Desa Buyunturipa, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Apa yang anda bisa ceritakan soal peristiwa itu?

Armalius: Kejadiannya itu hari Sabtu 8 Maret 2014. Kami keluar ibadah kemudian anak-anak dan banyak orang dewasa lain berteriak 'itu ada pesawat turun'. Saat itu, kondisi pesawat yang saya lihat sudah tidak normal lagi. Sudah mengeluarkan asap dari pantatnya dan kemudian berputar-putar.

Apakah anda tahu nasib akhir pesawat tersebut?

Armalius: Saya tidak tahu. Yang saya tahu, dua hari kemudian kami mendengar bahwa ada pesawat yang hilang. Kami perkirakan pesawat itu yang kami lihat adalah pesawat MH 370.

Anda yakin?

Amalius: Perkiraan kami bersama puluhan warga di sini seperti itu. Kemungkinan pesawat tersebut jatuh di perairan Indonesia (Selat Makassar). (*sindo)

0 comments:

Posting Komentar