Happy 10th birthday, dari Kampus ke Seluruh Dunia


Hari ini, Selasa, 4 Februari 2014, Facebook merayakan HUT ke-10. Dalam satu dekade, jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu menjelma menjadi raksasa di jagat internet dunia.

Sepuluh tahun lalu, 4 Februari 2004, Mark Zuckerberg meluncurkan 'Thefacebook' dari kamar asramanya di Harvard University, di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat. Situs ini awalnya dirancang untuk menghubungkan para mahasiswa di kampus tersebut.

Sejak saat itu, Facebook diperluas untuk mencakup sebagian besar planet ini dengan lebih dari 1,23 miliar pengguna aktif tiap bulan, menurut angka terbaru perusahaan ini.

Mengutip ComputerWorld, Zuckerberg merefleksikan tonggak bersejarah 10 tahun ini di sebuah konferensi industri di Silicon Valley, California, pada akhir pekan lalu.

Pria 29 tahun ini mengaku, pada awalnya tidak pernah membayangkan Facebook menjadi begitu besar atau berpengaruh.

"Sangat mengagumkan mempunyai utilitas dan komunitas ini di sekolah kami," katanya setelah peluncuran versi awal di Open Compute Project Summit.

Sejak itu situs Facebook dan bisnisnya, yang sekarang menjadi perusahaan publik telah berubah secara dramatis.

Kini terdapat lebih dari satu triliun status update, postingan teks, dan bagian lain dari konten yang tersimpan di wall jejaring sosial ini.

Facebook tergolong lambat dalam merespon pentingnya pasar mobile.Saat go public pada 2012, para investor bersikap pesimis dapat menghasilkan uang pada layanan di layar lebih kecil.

Namun pekan ini dilaporkan setengah dari pendapatan iklan saat ini berasal dari perangkat mobile.

Facebook membuat iklan bisnisnya dengan cerdas, menggunakan alat target untuk menampilkan iklan yang dianggap paling relevan.

Perusahaan ini juga bereksperimen dengan cara-cara baru untuk menyajikan konten. Facebook pun merilis Paper,aplikasi iPhone yang memberikan cara baru untuk berbagi foto dan mempublikasikan artikel.

Facebook juga berusaha membawa internet kepada lebih banyak orang di dunia. Upaya ini merupakan filantropi dan bagian naluri bisnis Facebook yang bertujuan menjangkau miliaran pengguna berikutnya.

"Tak ada perusahaan di dunia yang memiliki sumber daya dan jangkauan seperti yang Facebook miliki saat ini," kata Zuckerberg.

Perusahaan ini memang belum mengungkapkan bagaimana rencana mereka merayakan ulang tahun. Kecuali akan berbicara tentang bagaimana telah 'mengubah dunia' dalam 10 tahun terakhir, dan apa yang akan terjadi dalam dekade mendatang. (*ini)


0 comments:

Posting Komentar