FOTO-FOTO: Mengerikan! Dahsyatnya Erupsi Sinabung

Guguran awan panas yang disertai abu Vulkanik Gunung Sinabung membumbung tinggi membentuk gumpalan terlihat dari Karo, Sumatera Utara, 8 Januari 2014. Hingga sore hari Gunung Sinabung telah mengalami lebih dari 21 kali letusan dan 529 gempa hybrid yang membuat kepanikan masyarakat di kawasan itu. Lebih dari 20.000 jiwa mengungsi dibeberapa titik pengungsian.

Erupsi terus menerus terjadi di Gunung Sinabung pada 7 Januari 2014. Sebanyak 21 kali erupsi, 529 gempa hybrid, dan 44 guguran awan panas diikuti oleh awan panas yang tinggi letusannya 1.000-6.000 meter ke arah Barat Daya-Selatan.

Erupsi Sinabung (© AFP/ Sutanta Aditya)
Akibat letusan yang terus menerus itu pengungsi terus bertambah. Saat ini jumlah pengungsi berjumlah 22.145 jiwa yang tersebar di 33 titik. 

Erupsi Sinabung (© AFP/ Sutanta Aditya)
Meski ledakan pengungsi terjadi Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional menetapkan bahwa apa yang terjadi di Tanah Karo, Sumatera Utara itu bukanlah bencana nasional. 

Erupsi Sinabung (© AFP/ Sutanta Aditya)
Dilaporkan sejak November 2013 hingga Januari 2014 sudah 14 orang pengungsi meninggal akibat depresi dan sakit yang di alami di tempat pengungsian.

Erupsi Sinabung (© AFP/ Sutanta Aditya)
Lava yang keluar dari mulut kawah Gunung Sinabung telah menghanguskan kawasan Desa Berastepu pada 8 Januari 2013. Kemarin Gunung Sinabung berada pada level tertinggi aktivitas vulkaniknya, semua desa yang ada di kawasan itu diharuskan untuk dikosongkan.

0 comments:

Posting Komentar