SBY Beberkan Siapa Saja Musuh-Musuhnya !!


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya meluncurkan buku terbarunya berjudul "Selalu Ada Pilihan" di Assembly Hall, Jakarta Convention Centre (JCC) Jakarta, Jumat (17/1/2014), malam.

Kemewahan terlihat dari lokasi acara peluncuran buku ini.

Bisa tampak dari suasana lokasi peluncuran buku yang menampilkan ornamen-ornamen elegan, mirip ornamen yang ditemukan di acara pernikahan selebritas.

Ketika memasuki gedung akan tampak seperti lorong yang sisi kiri-kanan dan atas ditutupi dengan kain merah-putih yang dilengkapi dengan bunga warna-warni.

Lalu di tengah lorong itu ada tanaman pagar berwarna hijau dihiasi ukiran kayu. Kemudian aktivitas SBY sejak menjadi Presiden juga ditunjukkan melalui foto dinding yang dilapisi kaca.

Para penjemput tamu juga dipilih perempuan muda cantik menggunakan kebaya ketat. Acara ini dihadiri pengusaha kakap, para diplomat asing, menteri, dan jajaran pejabat tinggi negara lainnya.

SBY Beberkan Siapa Saja Musuhnya

Buku setebal 824 halaman itu berisi pengalaman suka duka Presiden SBY selama menjabat Presiden kurun waktu kurang lebih 9 tahun sejak tahun 2004 lalu.

Seperti apa isi buku ini. SBY memulai tulisannya dengan Prakata. Di paragraf kelima SBY yang menulis sendiri buku ini dalam pengalamannya selama menjadi Presiden mengatakan tidak bermaksud menjadikan buku ini bacaan "berat" apalagi karena bukunya cukup tebal.

SBY berusaha membawakan bahasa muda dimengerti dan sederhana. Cukup banyak pula kisah menarik diulas dalam buku ini. Misalnya SBY mengingatkan akan soal hujan fitnah yang sambung menyambung menimpa dirinya, seorang presiden yang merasa sendiri, dan resep bertahan sebagai seorang presiden serta masih banyak lagi kisah-kisah menarik di dalam buku itu.


Misalnya di halaman 137 mengenai tulisan "Musuh Menjadi Semakin Banyak". SBY memulai tulisannya dengan pertanyaan apakah pernah mendengarkan lagu duet dari mendiang Broery Pesolima dan Dewi Yull.
Lagu itu berjudul "Jangan Ada Dusta Diantara Kita" dan masih populer sering dinyanyikan sampai sekarang.

SBY mengutip judul lagu itu sebagai bagian dari selorohnya karena sejak menjadi presiden dia diberitahu ada sejumlah pihak yang termasuk diantaranya sahabatnya namun amat kritis dan sering menyerangnya bahkan menjadikannya musuh sampai sekarang.

SBY mengaku mendengar nama-nama dimaksud dari laporan stafnya langsung santai dan tidak terperanjat sebab dia sudah tahu pangkal persoalannya kenapa orang itu memusuhinya. Makanya dia menyebut mengutip lagu itu jangan ada dusta diantara kita.

SBY mengkategorikan beberapa orang/pihak yang selalu kritis terhadapnya. Mulai dari mereka yang kalah di Pemilu dan tidak suka kepadanya karena kehilangan kekuasaan. "Tentu amat logis jika saya dijadikan musuh yang permanen," tulis SBY dalam bukunya.

Musuh SBY lainnya adalah para mantan menteri KIB Jilid I yang kemudian dia tidak angkat lagi dalam pemerintahan periode keduanya setelah terpilih lagi jadi Presiden untuk kedua kalinya dalam Pilpres 2009.
"Sebenarnya tidak semua mereka bersikap demikian. Banyak yang ikhlas dan bisa menerima keadaan meskipun mereka tidak saya ajak kembali (gabung kabinet)," kata SBY.

SBY juga menyebut para menteri yang "di-reshuffle" di tengah jalan ikut memusuhinya. Meskipun tidak semua menteri yang di-reshuffle memusuhinya. SBY mencontohkan Mantan Menteri BUMN Sugiharto dan Mustafa Abubakar yang tetap menjaga hubungan baik dengannya sampai hari ini.

Selain itu, SBY mengatakan ada juga tokoh yang kecewa karena tidak diangkat jadi menteri padahal merasa dirinya paling pantas jadi menteri. "Mereka berasal dari partai saya sendiri (Demokrat) maupun partai lain yang sebenarnya tidak diusulkan oleh partainya," kata SBY.

Demikian pula, SBY mengatakan diam-diam ada juga yang tidak menyukainya karena ada yang ingin menjadi direktur di perusahaan BUMN, ingin menjadi duta besar, gubernur, namun jabatan itu tidak kunjung diperolehnya.

"Pihak lain yang juga tidak menyukai saya adalah mereka yang menganggap saya tidak mau menolongnya ketika yang bersangkutan menghadapi masalah," kata SBY.

Misalnya, kata SBY, ketika yang bersangkutan sedang dalam kasus di KPK, kepolisian, dan kejaksaan. "Banyak yang tidak paham bahwa Presiden pun tidak boleh intervensi kasus hukum," kata SBY.

SBY menceritakan pada awal 2008 setahun sebelum Pemilu 2009 ada seorang tokoh komunikasi dan sekailgus ahli survei dan konsultasi politik. Dia menyampaikan dirinya punya peluang lagi jadi Presiden dan mengusulkan pencitraan sejak 2008 namun biayanya besar sekali ratusan miliar rupiah bahkan bisa satu triliun rupiah.

"Tidak. Terima kasih. Saya tidak mampu menyediakan dana sebesar itu,' kata SBY.

Kontan teman konsultas politik itu kecewa dan balik kanan. Mengenai pengamat, SBY mengatakan ada yang kritis namun bagus sebab fair kalau bagus dikatakan bagus kalau jelek dikritik jelek.

Namun SBY mengatakan ada pengamat atau konsultan politik yang dia kelompokkan "jangan ada dusta diantara kita" itu.

SBY mengatakan pengamat seperti itu kritik pedasnya minta ampun dan bencinya kepadanya kelewat-kelewat. Nah seperti apa saja musuh-musuh SBY yang katanya "semakin banyak" itu bisa dibaca langsung dalam buku yang ditulis oleh SBY "Selalu Ada Pilihan". (*trb/tmp/

0 comments:

Posting Komentar