Warga Asli Panama, Bangun Masjid Pertama


Warga negara Panama kini tengah memulai pembangunan masjid resmi pertama oleh warga asli Panama di negeri itu seiring makin banyaknya pemeluk agama Islam di negara terletak di Amerika Tengah.

Masjid bernama Al-Haqq itu akhirnya mulai dibangun setelah kampanye selama sembilan tahun untuk permohonan izin oleh dua muslimah Josefina Bell-Munajj dan Khadijah Jackson, seperti dilansir abna, Kamis (30/1).

Kedua muslimah itu berharap masjid Al Haqq akan menjadi pusat pendidikan Islam di masa depan. Sejak 2011 dua muslimah itu sudah mengajar tentang Islam bagi para muslimah di sebuah ruangan pinjaman dari seorang dokter gigi muslim.

Awalnya kelas pengajaran mereka hanya diikuti sepuluh orang taoi kini sudah ada 30 orang ikut serta.

"Kami merasa sudah harus punya ruang lebih besar karena di sini semakin sempit," kata Bell-Munajj kepada majalah Religion Dispatches kemarin.

Meski sejumlah imigran muslim tinggal di Panama sudah membangun beberapa masjid tapi Al Haqq merupakan masjid pertama dibangun oleh warga asli Panama.

Islam masuk ke Panama pada awal abad ke-16 oleh warga Afrika yang diangkut ke negeri itu semasa perdagangan budak. Abad ke-20 ditandai dengan makin banyaknya imigran asal Timur Tengah dan Asia Selatan ke Panama.

Kini diperkirakan ada sekitar 24 ribu warga muslim di Panama, atau sekitar satu persen dari 3,6 juta total penduduk. (*abna/mdk)


0 comments:

Posting Komentar