Ada yang Aneh terkait Larangan Berhijab di Asian Games 2014


Larangan berhijab yang dikenakan pada tim basket putri Qatar di ajang Asian Games 2014, Incheon, Korsel sangat aneh. 

Pasalnya, di beberapa cabang olahraga penggunaan penutup kepala bagi atlet putri muslim hal tersebut tidak dilarang.

Soal larangan berhijab ini sebelumnya menjadi topik hangat. Kelompok hak asasi manusia dan Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pun sempat angkat suara untuk menghapuskan segala larangan berhijab di lingkungan mana pun termasuk di dunia olahraga.

Awal tahun lalu, Badan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) dengan suara bulat sudah menghapuskan larangan berhijab bagi pesepakbola putri.

Mereka beralasan larangan tersebut tidak berhubungan dengan aturan permainan dan soal keamanan serta kenyamanan pemain juga tidak masuk akal.


Di ajang Asian Games 2014, seperti dilaporkan reuters, Rabu (24/9), sendiri banyak atlet yang menggunakan hijab. Empat atlet putri Iran malah mendapatkan medali perunggu saat tampil di cabang olahraga dayung.

Tapi sekali lagi aturan ini ternyata tidak berlaku di cabang olahraga bola basket.

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) mengaku bulan lalu sudah pernah membicarakan hal ini dengan semua anggotanya sebelum perhelatan Asian Games 2014 ini digelar.


"FIBA tidak melarang penggunaan hijab saat pertandingan digelar di tingkat nasional di wilayah negara bersangkutan, tapi tidak di level internasional. Dan sanksi berlaku di pertandingan internasional," jelas FIBA.

Qatar sendiri tidak akan tinggal diam atas anehnya aturan ini. Mereka akan mengajukan keberatan dan menginginkan adanya perubahan aturan soal larangan berhijab ini. (*snd)

0 comments:

Posting Komentar