PM Turki Pungut Bendera, Bagaimana dengan SBY?


Konferensi Tingkat Tinggi G-20 yang berlangsung 5-6 September 2013 di St. Petersbug, Rusia, telah berlalu. Namun, acara ini menyisakan hal kontroversial pada pertemuan para kepala negara yang tergabung dalam G20.

Pada sesi foto di hari terakhir, semua presiden dan para wakil dari negara-negara yang datang seperti biasanya akan menjalani foto bersama. Kemungkinan untuk mempercepat pengaturan posisi berdiri setiap presiden yang akan foto bersama ini, panitia meletakkan bendera-bendera kecil setiap negara tepat di atas lantai batu taman.

Setiap presiden akan berdiri di atas bendera negara mereka masing-masing. Dari sekian presiden dan wakil negara, hanya terlihat Erdogan, wakil negara Turki, yang sepertinya tidak rela jika bendera sebagai lambang negaranya dia injak begitu saja. Dia pun memungut bendera itu kemudian memasukkan ke kantong jasnya.

Erdogan berdiri diapit oleh Aksi pungut bendera itu disadari pertama kali oleh Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, Cameron dan Merkel yang berdiri tidak jauh dari Erdogan.

Sontak mengundang tawa melihat aksi Erdogan,  Kanselir Jerman, Angela Merkel dan PM India, Manmohan Singh. Di depannya terdapat presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Reaksi terkejut terlihat jelas di raut wajah Presiden Argentina, Cristina Fernández de Kirchner.

Mereka tidak menyangka ada seorang pemimpin yang rela memungut bendera karena tidak rela identitas itu diinjak. Melihat rekan-rekannya tertawa, Erdogan terlihat santai menanggapi hal itu.

Sementara Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sama seperti pemimpin negara lain. SBY tidak mengambil lambang negara Merah Putih di bawah kakinya. Ketika semua pemimpin negara G20 lengkap, maka sesi foto dimulai dan selesai.

KTT G20 di St. Petersburg ini membahas berbagai persoalan ekonomi global. Indonesia sendiri menyiapkan strategi untuk mengkritik kebijakan pemerintah Amerika Serikat yang membuat harga dolar melambung. 

"Inti soalnya kan The Fed, ibaratnya dia batuk-batuk, kita langsung kena flu semua," kata SBY, saat melakukan entry briefing sebelum mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi G-20.


YOUTUBE | TMPO |

0 comments:

Posting Komentar