Tak jadi Perang, Obama Pilih Damai dengan Suriah


Presiden Amerika Serikat Barack Obama akhirnya memilih jalan damai untuk menyelesaikan masalah senjata kimia Suriah. Namun, ia tetap meminta militer bersiaga untuk setiap saat jika jalan diplomasi gagal ditempuh.

Dalam pernyataannya di televisi, Rabu ia telah meminta Kongres untuk menunda voting untuk melegalisasi serangan ke Suriah. Sebelumnya, Kongres dijadwalkan hari ini akan melakukan voting setelah dua hari dengar pendapat dengan pemerintah.

Pernyataan Obama itu dilontarkan setelahSuriah menerima usulan Rusia untuk melucuti senjata kimia miliknya di bawah pengawasan internasional untuk kemudian dimusnahkan. Namun demikian, AS dan sekutunya masih spektis terhadap sikap Suriah ini.

Berbicara di Gedung Putih, Obama mengatakan pemerintahannya telah meminta militer untuk melancarkan serangan ke Suriah karena ia tidak yakin tekanan diplomatik akan menyelesaikan perang saudara di Suriah.

Obama mengatakan ia menyambut baik usulan Rusia sebagai alternatif untuk mencegah aksi militer. Namun ia menambahkan, "Masih terlalu dini untuk mengatakan apakah usulan Rusia ini akan berhasil. Setiap kesepakatan harus meyakinkan bahwa pemerintahan Presiden Bashar al-Assad akan melaksanakan komitmennya. Meskipun demikian, usulan ini bisa menghilangkan ancaman senjata kimia tanpa harus menggunakan kekuatan militer," tegas Obama.

Obama kemudian meminta Kongres untuk menunda voting untuk melegalkan serangan ke Suriah yang sebelumnya diiinginkan Obama. "Kami akan mengutamakan jalur diplomatik."

BBC | INIL |

0 comments:

Posting Komentar