Tolak Miss World, FPI Menyeberang ke Bali


Sekitar seratus orang anggota FPI se-Jawa Timur akan menyerbu Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Unjuk rasa itu untuk menolak perhelatan Miss World yang saat ini berlangsung di Nusa Dua, Bali.

Massa berjalan kaki dari lokasi istigasah di depan Stasiun Banyuwangi Baru, hendak menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Lokasi pelabuhan sebenarnya berjarak sekitar 100 meter dari stasiun.

Sebelum memasuki pintu masuk pelabuhan, massa berhadapan dengan ratusan Brigade Mobil yang memblokade jalan. Saat ini massa FPI masih melakukan negosiasi dengan polisi.

Dalam orasi sebelumnya, koordinator aksi FPI, Sasmito, menggelorakan semangat jihad untuk membubarkan Miss World di Bali. "Siap mati? Siap bersihkan Bali dari maksiat?" kata dia, yang disambut oleh massa.

Ketua FPI Banyuwangi, Agus Iskandar, mengatakan, sebenarnya massa FPI ingin menyeberang ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang. Namun tidak mendapat izin Kepolisian Resor Banyuwangi.

Massa juga berniat demo di pintu masuk pelabuhan, namun tak mendapatkan izin karena dikhawatirkan mengganggu aktivitas penyeberangan. "Akhirnya, unjuk rasa dipusatkan di pintu masuk Stasiun Banyuwangi," kata Agus. Stasiun tersebut berjarak sekitar 100 meter dari Pelabuhan Ketapang.

Menurut Agus, unjuk rasa itu mereka gelar mulai pukul 10.00 hingga 14.00 WIB dikemas dalam bentuk istigosah dan orasi. Dia menyatakan aksi tersebut akan digelar secara damai dan santun. FPI, kata Agus, hanya ingin mengawal fatwa Majelis Ulama Indonesia yang menolak Miss World karena tidak sesuai dengan ajaran Islam yang mewajibkan muslimah menutup auratnya.

Kepala Bagian Operasional Polres Banyuwangi, Komisaris Sudjarwo, mengatakan, Polda Jatim mengerahkan empat peleton Brigade Mobil untuk menjaga keamanan di sekitar Pelabuhan Ketapang. 

"Mulai nanti aparat sudah berjaga di lokasi demo dan Pelabuhan Ketapang," kata dia.

YAHOO | TEMPO

0 comments:

Posting Komentar