ISIS Minta AS Bebaskan ‘Lady Al-Qaeda’, Sebelum Foley Dieksekusi


Sebelum memenggal James Foley, jurnalis Amerika Serikat, ISIS menuntut AS agar melepaskan wanita yang dijuluki "Lady al-Qaeda".

Tuntutan itu disampaikan militan ISIS melalui surat yang dikirim ke pemerintah Amerika Serikat (AS). Tapi Barack Obama menolak tuntutan untuk melepaskan wanita itu.

Siapa Lady al-Qaeda?

Perempuan dari petempur al-Qaeda itu adalah Aafia Siddiqui. Dia seorang neuroscientist Pakistan.

"Lady al-Qaeda" berusia 42 tahun itu, saat ini ditangkap dan dipenjara di Texas, Amerika Serikat.

Menurut New York Times, semalam (21/8/2014), Negara Islam (ISIS), selain ingin menukar James Foley dengan Siddiqui, mereka minta tebusan lebih dari $142 juta.

Siddiqui, telah masuk daftar teroris AS paling dicari FBI sejak serangan 9/11. Namanya muncul setelah tersangka 9/11, Khalid Sheikh Mohammed, menyebutnya selama diinterogasi tahun 2003.

"Lady al-Qaeda" ditangkap di Afghanistan pada tahun 2008. Dia berimigrasi ke Amerika Serikat pada tahun 1990 dan memperoleh gelar PhD dari Universitas Brandeis pada tahun 2001.


Pada awal tahun 2003, Siddiqui kembali ke Pakistan. Pada bulan Maret 2003, ia diangkat sebagai kurir dan pemodal untuk al-Qaeda oleh Khalid Sheikh Muhammad.

Dia kemudian menghilang sampai dia ditangkap di Ghazni, Afghanistan, dengan dokumen dan catatan untuk membuat bom ditambah kontainer natrium sianida.

Siddiqui didakwa di New York pengadilan distrik federal pada bulan September 2008, Dia dituduh merencanakan pembunuhan massal di Amerika Serikat (AS) termasuk dengan bom dan penyebaran virus Ebola.

Setelah 18 bulan dalam tahanan, ia diadili dan dihukum pada awal 2010 dan dijatuhi hukuman 86 tahun penjara.

0 comments:

Posting Komentar