Aksi Foxy Girl di Depan Anak SD, Bikin SCTV Ditegur KPI

  Aksi Foxy Girl di Depan Anak SD, Bikin SCTV Ditegur KPI
 Penampilan grup musik Foxy Girl membawakan lagu Cuma Kamu di acara Eat Bulaga Indonesia edisi 20 Agustus 2012 pukul 16.02 WIB mengundang persoalan. Tarian dan lirik lagu yang mereka nyanyikan dinilai tidak pantas serta melanggar aturan P3 dan SPS KP tahun 2012.
Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat melayangkan sanksi teguran pada SCTV, selaku pihak yang menayangkan acara Eat Bulaga Indonesia, yang dipandu Uya Kuya. Surat teguran kepada Dirut SCTV itu ditandatangani oleh Ketua KPI Pusat, Mochamad Riyanto tertanggal Rabu, 26 September 2012.

Eat Bulaga! Indonesia kedapatan menayangkan adegan menyanyikan lagu dengan syair yang kurang pantas. Selain itu juga melakukan tarian sensual di hadapan para penonton yang sebagian besar anak-anak berseragam Sekolah Dasar.
Berikut syair lagu 'Cuma Kamu' yang dibawakan Foxy Girl: Aku memang cantik dan bodyku yang paling seksi/ Lihatlah sekujur tubuhku meliuk-liuk/ Jika ku goyang kau hanya boleh melihat/ Kau boleh lihat tapi jangan coba mendekat. Kau lihat senyumku dan goyangan pinggulku/ Seksi bodyku inikan cuma buat kamu. Kala kupandang kerlip bintang jauh di sana/ Gantengnya kamu membuat aku terpesona/ Tapi sejak awal ku cuma main gila dan akhirnya kiniku jatuh cinta. Aku tak mau kalau aku dimadu.
Pelanggaran tersebut dikategorikan sebagai pelanggaran terhadap perlindungan anak dan remaja serta norma kesopanan dan kesusilaan.
KPI Pusat memutuskan tindakan menayangkan adegan tersebut telah melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran tahun 2012 Pasal 9 dan Pasal 14 ayat (2) serta Standar Program Siaran Pasal 9 dan Pasal 15 ayat (1).
KPI Pusat meminta SCTV agar lebih berhati-hati dalam menayangkan program yang melibatkan secara langsung anak-anak berseragam sekolah dan menjadikan P3SPS KPI tahun 2012 sebagai acuan utama dalam menayangkan sebuah program siaran.

0 comments:

Posting Komentar