Sayuran dan Buah Indonesia Diminati di Singapura


 
  Indonesia berkesempatan menggenjot ekspor produk sayuran dan buah-buahan ke Singapura. Produk sayuran buah-buahan yang dihasilkan petani Indonesia dinilai bagus kualitasnya.
Aneka produk sayuran dan buah-buahan Indonesia dipamerkan dalam Indonesia Istimewa Fair 201 2 di Hypermarket Fair Price Xtra Changi, Singapura, mulai Rabu (27/9/2012) hingga 3 Oktober mendatang.
Saat ini produk sayuran dan buah-buahan seperti buncis, lobak, kubis, bawang daun, kentang, labu siam, terong, mangga, papaya, salak, ubi jalar Cilembu, sudah masuk di 106 outlet NTUC Singapura.
Salah seorang warga Singapura, Liem, merasa senang dengan produk Indonesia, karena mutunya bagus. "Buah asal Indonesia rasanya manis dan sayuran segar-segar," katanya, sebagaimana dilaporkan wartawan Kompas, Adi Sucipto, dari Singapura.
Ketua Kelompok Tani Budoyo Tani, Wonodoyo, Cebogo, Kabupaten Boyolangi Jawa Tengah, Juni Marto Suwiryo, merasa senang produk Indonesia menembus pasar luar negeri.
Ia menyebutkan, mulai mengirim barang ke Singapura lewat eksportir PT Bumi Sari Lestari, sejak Mei 2012. Setiap minggu ia bisa mengirim sebanyak 3 ton per minggu, gabungan baby buncis, buncis super, bawang daun, labu siam, kubis, sawi putih jagung manis, melon, semangka, jambu. "Saya berharap ini bisa rutin setiap minggu," ujar Juni.
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pengembangan dan Pemasaran Hasil Pertanian Kementerian Pertanian RI, Banun Harpini, menyebutkan, volume ekspor hortikultura Indonesia ke Singapura periode Januari-April 2012 dibandingkan periode yang sama 2011, meningkat sebesar 33,55 persen dari 8.530,89 ton menjadi 11.393,36 ton. Nilainya meningkat sebesar 56,24 persen, dari 6,85 juta dollar AS menjadi 10,71 juta dollar AS.
Menurut dia, Indonesia Istimewa Fair dimaksudkan untuk m empromosikan berbagai produk Indonesia, termasuk buah dan sayuran di Singapura, bekerja sama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura. Tahun ini sudah berlangsung yang kelima kalinya, diikuti eksportir buah dan sayuran asal Indonesia yang selama ini telah memasok dan mempunyai kontrak dagang dengan NTUC Fair Price,  di antaranya PT Alamanda Sejati Utama, PT Momenta Agrikultura, PT Selektani, dan PT Hortijaya Lestari.

0 comments:

Posting Komentar