R4BIA: 4 Jari, Simbol Perlawanan Rakyat Mesir


Apa itu R4BIA?

Mungkin ada di antara kita yang masih tertanya-tanya kenapa ramai pengguna media sosial seluruh dunia mulai menukar foto profil mereka dengan simbol 4 jari seperti di atas dan mulai menggunakan hashtag ‪#‎R4BIA‬.

Dalam bahasa Arab, Rabi'ah/arba'ah bermaksud Empat. Rab'ah (angka 4) dijadikan sebagai simbol keteguhan, kekuatan, perlawanan dan persatuan untuk seluruh dunia yang mencintai kebebasan.

Simbol 4 jari sebagai simbol untuk mengenang markas demonstran pendukung Mursi di Rabi'ah yang telah dihancurkan oleh tentara rezim Mesir. Simbol 4 jari untuk menunjuk ikon Rabi'ah.

Simbol 4 jari ini diluncurkan oleh Perdana Menteri Turki, Recep Tayip Erdogan mulai Sabtu (17 agustus 2013) setelah mengecam keras pembantaian yang dilakukan tentera junta Mesir yang terjadi pada hari Jumat dan Sabtu di Ramses Square dan Masjid Fatih yang dikepung tentara rezim.

Tujuan avatar simbol #R4BIA dipakai oleh pendukung Morsi/Mesir di media sosial seperti facebook dan twitter sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian terhadap apa yang sedang terjadi di Mesir. Selain menimbulkan kesadaran orang ramai agar lebih peka mengenai krisis di Mesir sekarang ini.

Di jejaring sosial twitter, facebook dan juga profil picture di BlackBerry Messenger, Whatsapp atau pun Yahoo! Messenger simbol ini sudah massif dipakai. Ini adalah simbol keberanian, simpati, dan keberpihakan kepada rakyat yang menuntut haknya dipimpin oleh pemimpin yang ta'at kepada Allah swt, yang hafizh Qur'an dan merakyat, Mohammad Morsi.

Pembaca bisa ikut mensosialisasikan simbol ini. Silahkan gunakan beberapa gambar di bawah ini:




0 comments:

Posting Komentar