10 Fakta Mandela yang Tidak diketahui Publik



Pahlawan anti-apartheid Afrika Selatan, Rolihlahla Nelson Mandela, meninggal dunia di usi 95 tahun. Para pemimpin dunia berkabung, sekaligus mengagumi sosok Mandela.

Banyak orang mengenalnya karena perjuangan heroiknya dalam menentang rezim apartheid di Afsel, dan prestasinya yang menyabet Nobel Perdamaian. Namun, di balik semua itu, banyak fakta mengejutkan soal sosok Mandela yang terkubur atau jarang orang mengetahuinya.

Berikut 10 fakta mengejutkan soal Mandela yang jarang orang mengetahuinya.

1. Mandela bukan lahir dengan nama Nelson tetapi dengan nama Rolihlahla Mandela. Sedangkan
    nama "Nelson " diberikan oleh gurunya saat ia pertama kali masuk SD. Tidak jelas mengapa
    nama itu disematkan kepada Mandela kala itu.

2. Mandela berasal dari keluarga miskin, menghabiskan masa anak-anaknya di Qunu, sebuah desa kecil yang tidak memiliki jalan aspal dan hanya dilengkapi oleh jalan setapak dan keluarga Mandela hanya tinggal di gubuk.

3. Ayah Mandela merupakan penasihat kepala suku dan meninggal saat Mandela berusia sembilan tahun. Lalu dia diadopsi oleh kepala suku tersebut.

4. Mandela kabur ke Johannesburg untuk menghindari pernikahan yang direncanakan oleh petinggi suku tempatnya tinggal.

5. Dia adalah seorang ahli menyamar: Hal itu terjadi ketika ia luput dari pantauan aparat berwenang rezim apartheid. Pers menjulukinya sebagai "Black Pimpernel" karena taktik penghindarannya dari polisi cukup mahir.

6. Olahraga menjadi bagian hidupnya selama dia dipenjara. Secara rutin Mandela memainkan sepakbola bersama para tahanan lain.

7. Mandela mempunyai kemampuan yang baik dalam bertinju. "Saya tidak suka kekerasan, tinju lebih tertarik pada ilmunya. Bagaimana Anda menggerakkan tubuh untuk melindungi diri sendiri", ujar Mandela dalam biografi.

8. Invictus, film yang diperankan oleh aktor Morgan Freeman sebagai Mandela adalah refleksi kehidupan Mandela yang telah menjadi inspirasi bagi dunia.

9. Pada 2005, Mandela mengumumkan seorang anaknya Makgatho Mandela meninggal karena AIDS.

10. Dia pernah dimasukkan daftar teroris oleh Amerika Serikat dan CIA, Sampai akhirnya tahun 2008.



0 comments:

Posting Komentar