Ada 18.000 Lebih Jenis Obat, Cuma 22 Bersertifikat Halal. Apa saja?


FAKTA mengejutkan diungkap oleh pihak LPPOM MUI terkait obat-obatan yang beredar di tengah masyarakat. Menurut LPPOM MUI, kurang dari satu persen obat-obatan yang beredar saat ini memiliki sertifikasi halal.

Dari sekitar 18 ribu jenis obat yang beredar di tengah masyarakat, ternyata hanya 22 jenis yang sudah mendapatkan sertifikat halal dan aman untuk digunakan oleh umat Islam. Dan itupun hanya dari lima perusahaan farmasi.

Hal ini cukup mengecewakan Lembaga Pengkajian dan Pengawasan Obat dan Makanan (LPPOM) MUI, sebagai pihak yang bertanggungjawab memberikan sertifkasi halal terhadap segala macam produk yang ada di Indonesia.

"Obat tersertifikasi halal hanya 22 jenis dari 18 ribu jenis obat yang ada saat ini. Jadi kurang dari satu persen," ujar direktur LPPOM MUI Ir. Lukmanul Hakim, MSi dalam konferensi pers terkait tentang sertifikasi obat dan vaksin pada hari Kamis (19/12/2013) di kantor pusat MUI Jakarta Pusat.

Lebih lanjut Lukmanul Hakim menyatakan bahwa dari 22 jenis obat yang sudah bersertifikasi halal tersebut, itupun hanya berasal dari lima perusahaan.

Ia menegaskan bahwa memang tidak ada paksaan bagi produsen obat-obatan maupun maupun makanan untuk mendapatkan sertifikasi halal bagi produk mereka, namun sebagai negara yang berpenduduk mayoritas Muslim sudah seharusnya pihak produsen memperhatikan asprirasi kepentingan umat Islam.

Menyambung pernyataan direktur LPPOM MUI, ketua MUI KH Ma'ruf Amin menegaskan kembali bahwa perlunya obat-obatan mendapatkan sertifikasi halal. Hal itu dilakukan supaya umat Islam yang merupakan mayoritas penduduk di Indonesia terlindungi. Ma'ruf lebih jauh mengusulkan agar ke depannya dokter wajib memberikan obat halal ke pasiennya.

Konferensi pers yang digelar MUI kali ini merupakan tanggapan dari pernyataan Menkes yang mengatakan obat-obatan tidak perlu ada sertifikasi halal.

Dan berikut ini daftar 22 jenis obat-obatan yang sudah halal untuk digunakan oleh umat Islam Indonesia, berdasarkan data dari LPPOM MUI:

1. Lumbricum (obat cacing/ typus)
2. Vercum (obat cacing/ typus)
3. Menveo Meningococcal Group A, C,W135 Y Conjugate Vaccine (vaksin)
4. Fresh Care,
5. Fresh Care Green Tea,
6. Fresh Care Lavender,
7. Fresh Care Fruity,
8. Fresh Care Strong,
9. Fresh Care Sandalwood,
10. Fresh Care Minyak Angin Aromatherapy Sport
11. FreshCare Minyak Angin Aromatherapy,
12. Aquamarine,
13. FreshCare Rose ,
14. FreshCare Teen Bubble Gum,
15. FreshCare Teens Happy Cherry,
16. FreshCare Teens Passion Fruit
17. MENVACACYW 135 VACCINE (Meningococcal Polysaccharide Group ACYW135) vaksin
18. Holistic bio medicare
19. Obat Tradisional Kunyit Putih
20. Obat gosok d'cloves
21. IOT BOKASHI PT.KARYA PAK OLES
22. Obat Herba Nusantara

[fq/islampos]

0 comments:

Posting Komentar