Sehari Menjelang 9 Tahun Tsunami, Ribuan Ikan Naik ke Darat di Sabah


Sehari menjelang 9 tahun Tsunami Aceh, ribuan ikan berloncatan ke darat di pesisir Pantai Kampung Tambisan, Sabah, Lahad Datu, Malaysia, Rabu (25/12/2013). Penduduk setempat pun langsung mengambil ikan-ikan yang dikenal dengan sebutan ikan tamban itu.

Dalam video , tampak ribuan ikan itu berloncatan sebelum akhirnya terdampar di bibir pantai. Sejumlah warga dan anak-anak terlihat memunguti ikan-ikan tersebut.

Seorang penduduk setempat, Suzila Abdullah mengatakan, fenomena seperti itu sudah terjadi sejak 3 tahun terakhir. "Tetapi tahun ini kelihatan berbeda, karena jumlah ikan yang timbul amat banyak," katanya, seperti di kutip dari themalaysianisider.com.

Fenomena Ribuan Ikan Naik Ke Daratan Di Lahad Datu Terungkai. berita fenomena ribuan ikan melompat ke darat di Pulau Tambisan Lahad Datu

Suzila mengaku percaya, musim sekarang yang berombak kuat membuat ikan-ikan tersebut naik ke darat, tetapi hanya 2 atau 3 hari saja. Oleh warga setempat, ikan-ikan tersebut dipungut dan dimasak. Ada juga penduduk kampung yang menjual ikan tersebut di Lahad Datu atau daerah lain.

Ketua Poliss Daerah Lahad Datu, Supt Mat Shamsuddin pula mengatakan petugas disiagakan mengambil langkah berjaga-jaga bagi menghadapi kemungkinan termasuk bencana alam.

Dalam kejadian 8 hingga 9.30 kemarin pagi itu, ribuan ikan seolah-olah naik ke darat dan menarik perhatian masyarakat setempat, ada antara mereka menganggap fenomena tersebut sebagai petanda bencana alam seperti tsunami.

Berikut Video:




0 comments:

Posting Komentar