Dihujat warga Cina Soal MH370, Nasionalisme warga Malaysia Bangkit



Reaksi pembelaan warga Malaysia terhadap negaranya bangkit setelah negara itu secara betubi-tubi dihujat warga China di media sosial.

Hujatan itu muncul, setelah Pemerintah Malaysia dianggap lamban dan terkesan menyembunyikan informasi penting terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370.

Media Amerika Serikat, New York Times menulis, hujatan kritikan keras dari warga China terkait insiden pesawat MH370 telah menyulut rasa nasionalisme dari warga Malaysia.

Warga China begitu keras menghujat Pemerintah Malaysia, karena sebagian besar dari penumpang pesawat MH370 adalah warga China.

Banyak warga Malaysia menyayangkan hujatan dari warga China di tengah publik Malaysia yang sedang berkabung.

Media AS itu secara khusus menyoroti ketegangan China dan Malaysia, setelah muncul tuntutan para pejabat China agar Malaysia transparan soal penyelidikan pesawat MH370.

"Banyak (warga) di sini sangat kecewa, bahwa keluarga dan teman penumpang asal China mampu menembus barisan polisi di Beijing dan berbaris ke kedutaan Malaysia," tulis New York Times.

Beberapa reaksi warga Malaysia pengguna internet menjadi sorotan media AS tersebut. Mereka bangkit membela Pemerintah Malaysia yang terus dihujat pengguna internet dari China, sehari setelah pesawat MH370 hilang misterius.

"Saya tidak setuju dengan kegiatan mereka, karena Malaysia telah melakukan upaya besar untuk menemukan pesawat. Pandangan umum dari teman-teman saya adalah bahwa kita terkejut, karena mereka bersikap biasa terhadap Malaysia," ujar Muhamad Hairi Sulaiman, seorang teknisi telekomunikasi Malaysia, seperti dilansir Malaysia Insider, Jumat (28/3/2014).


0 comments:

Posting Komentar