Ilmuwan: MH370 dalam kondisi Utuh di Dasar Laut



Para ilmuwan percaya bahwa mereka tahu di mana posisi pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH370 yang jatuh ke laut. Mereka meyakini, kabin pesawat termasuk kotak hitam utuh di dasar laut.

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan di University of Western Australia, menggunakan data meteorologi dan laut—bersamaan dengan analisis data "ping" yang direkam oleh perusahaan satelit Inmarsat Inggris--, telah telah menyimpulkan analisis titik lokasi hilangnya pesawat dan gerakan dari puing-puing temuan sejumlah satelit dari berbagai negara selama berminggu-minggu.

Berbagai temuan satelit selama ini di antaranya, satelit Jepang menemukan 10 puing, satelit Thailand menemukan 300 puing, kemudian satelit China, Perancis dan Australia juga sama-sama menemukan berbagai puing yang semua lokasinya berada di Samudera Hindia. Namun, dari sekian puing yang tertangkap satelit belum bisa dibuktikan akurasinya, bahwa puing-puing itu terkait pesawat MH370.

Profesor Charitha Pattiaratchi, ilmuwan yang mengawasi penelitian universitas di Australia itu, mengatakan bahwa kegagalan untuk menemukan puing mengapung yang diduga terkait pesawat MH370, telah menunjukkan bahwa kabin pesawat kemungkinan tetap utuh dan tenggelam ke dasar laut.

Analisis itu, lanjut dia, memungkinkan kotak hitam pesawat juga selamat dan posisinya juga berada di dasar laut. "Saya pikir cara pesawat jatuh, banyak puing-puing tetap utuh di dalam pesawat," kata Pattiaratchi, seperti dilansir Telegraph, kemarin (27/3/2014).

"Jika pesawat ini hancur, kita harus melihat lebih banyak puing mengambang di sekitar laut. Kita harus melihat benda yang lebih kecil dari jaket, dan kursi, atau hal-hal yang akan mengapung," katanya. (*telegraph/snd)


0 comments:

Posting Komentar