Tak punya uang, Kakek asal Yaman ini pergi Haji jalan kaki 2 bulan


Mohammed Ali Al-Mirfa, lelaki asal Yaman berusia 75 tahun, berjalan kaki selama dua bulan dari rumahnya di Sana'a menuju Mina untuk menunaikan ibadah haji.

Al-Mirfa tiba di Mina empat hari lalu. Ia tidak memiliki uang untuk menyewa kamar hotel, dan tidur di mana saja dia bisa merebahkan badan.

"Saya berangkat dari pada hari ketiga Idul Fitri, atau 3 Juli," Al-Mifta memula kisahnya kepada surat kabar Al Madina.

"Istri, 12 anak saya, dan seluruh kerabat, melepas saya di depan pintu rumah," lanjutnya. "Ini perjalanan terpanjang seumur hidup."

Al-Mirfa miskin. Ia tidak bisa menabung untuk membiayai perjalanan haji dengan pesawat terbang atau apa pun, tapi punya tekad dan determinasi.

"Bertahun-tahun saya memimpikan hal ini; berjalan kaki memenuhi panggilan Allah untuk menunaikan ibadah haji," cerita Al-Mirfa.

Secara fisik, Al-Mirfa mulai renta tapi dia tak merasa tua. "Setiap hari saya berjalan beberapa kilometer, dan istirahat hanya untuk shalat," ujarnya.

Ketika Al Madina menemuinya, Al-Mirfa sedang menikmati secangkir teh dan roti yang disediakan petugas pembersih sebuah masjid. Ia sangat menikmati keduanya.

"Ini sarapan saya. Saya bersyukur tiba di Mina dengan selamat," ujar lelaki itu.

Al-Mirfa tidak bercerita apakah ada lembaga yang memberinya akomodasi selama di Mina, Arafat, dan Makkah. Dia juga tidak tahu apakah dia akan pulang ke Yaman nantinya juga dengan kembali jalan kaki.

0 comments:

Posting Komentar