FOTO: Ini Mata Uang Resmi Islamic State (ISIS)


Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) mulai memperkenalkan mata uangnya sebagai upaya untuk mempertegas kendali terhadap wilayah yang diproklamasikan sebagai sebuah kekhalifahan.

ISIS dikabarkan akan menggunakan dinar sebagai alat tukar yang sah di wilayah yang dikuasainya. Dinar, sebagai mata uang, digunakan di Semenanjung Arab pada masa-masa awal perkembangan Islam sekitar 634 M.

Sejumlah laporan menyebut, para pemimpin ISIS ingin menggunakan uang emas dan perak di wilayah yang dikuasainya saat ini. Dalam beberapa pekan mendatang, ISIS akan mengganti lira dan dinar yang saat ini digunakan sebagai mata uang dengan uang dinar emas dan dirham perak.

ISIS membagi mata uangnya menjadi tiga kategori, yakni dinar, dirham, dan fils dengan nominal 1, 5, dan 10. Nilai tertinggi mata uang ISIS setara 694 dolar AS per dinar. Mata uang itu menampilkan ikon peradaban Islam, seperti Al Aqsa, peta dunia, tujuh tangkai gandum.

Soal mata uang itu, pakar ekonomi Steven H Hanke mempertanyakan darimana ISIS mendapatkan emas dan tembaga. Tapi melihat dari bahan baku itu, memperlihatkan kelompok ini sangat tergantung bahan tambang.














0 comments:

Posting Komentar