TRAVEL PHOTO: Amazing ‘Tabletop Mountain’ di Pegunungan Amerika Latin

tepui-venezuela-4

Gunung Roraima di Venezuela disebut-sebut wisatawan sebagai The Lost World, dunia dari zaman purba yang tidak tersentuh sampai kini.

Gunung Roraima adalah sebuah Tepuis atau Table Mountain. Ini adalah gunung yang puncaknya rata seperti meja. Letaknya ada di tenggara Taman Nasional Canaima, Venezuela dekat perbatasan Brasil dan Guyana -persisnya Amerika latin.

Tepuis adalah sisa-sisa dari sebuah dataran tinggi batu pasir yang besar yang pada awalnya menutupi kompleks ruang bawah tanah granit antara perbatasan utara dari Amazon Basin dan Orinoco, antara pantai Atlantik dan Rio Negro.

Selama jutaan tahun, dataran tinggi itu terkikis dan semua yang tersisa diisolasi tepuis datar berkepala. Meskipun tepuis terlihat cukup tandus, puncak penuh dengan kehidupan.

tepui-venezuela-2

Gunung Roraima disebut sebagai dunia yang hilang dari zaman purba, karena wisatawan yang pergi ke sana dibuat melongo dengan kombinasi aneka keindahan alam di dalam satu kawasan. Bayangkan saja, ada air terjun, kolam alami, pantai berpasir, formasi karang, kabut, lembah kristal, retakan gunung, sabana, hutan hujan dan ngarai.

Gunung Roraima dianggap sebagai formasi geologis gunung meja tertua di bumi berumur 2 miliar tahun! Puncak tertinginya adalah Maverick Rock setinggi 2.810 mdpl.

Di Gunung Roraima, ada hewan dan tumbuhan langka seperti kodok Roraima Bush (Oreophrynella quelchii). Ada juga kantung semar khas Gunung Roraima (Heliamphora).

Meskipun pemandangannya begitu ajaib, gunung ini bukan sesuatu yang mustahil untuk dijangkau wisatawan. Gunung ini adalah destinasi wisata yang direkomendasikan untuk wisatawan di Amerika Selatan.

Biasanya, wisatawan butuh 8 hari untuk menjelajah Gunung Roraima, itu pun hanya bisa sehari berada di puncak gunung. Dari Caracas, wisatawan terbang ke Ciudad Bolivar, kemudian naik pesawat kecil ke Elena de Uairen. Itu adalah kota terdekat untuk memulai ekspedisi seminggu ke Gunung Roraima.

Berikut foto-fotonya:

tepui-venezuela 1
tepui-venezuela-14
tepui-venezuela-13
tepui-venezuela-12
tepui-venezuela-6
tepui-venezuela-21
tepui-venezuela-7
tepui-venezuela-8
tepui-venezuela-9



0 comments:

Posting Komentar