Tahukah Anda: ISIS Kini Kuasai Wilayah Seluas Negara Inggris



Daulah Islam atau Negara Islam Irak dan Syam (ISIS) mengendalikan sepertiga wilayah Irak dan sepertiga wilayah Suriah, yang jika digabung luasnya seukuran negara Inggris.

Hal itu diungkapkan Joshua Landis, pakar Suriah dan direktur dari University of Oklahoma Center for Middle East Study. 

"(Wilayah) negara yang dikuasasi ISIS seluas Inggris. Memiliki sekitar delapan atau sembilan juta orang di dalamnya," katanya.

Hal itu dia sampaikan kepada Talal al-Haj, kepala biro Al Arabiya di New York.

"(Pasukan) koalisi itu tidak benar-benar mengontrol setiap milisi, yang merupakan salah satu masalah dan itu mengapa Amerika Serikat telah berhenti mengirim uangnya melalui koalisi," ujar Landis, yang dilansir Sabtu (29/11/2014).

Landis mengatakan bahwa badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, mengirimkan senjata dan berhadapan langsung dengan milisi yang melawan rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah sejak mantan kepala Dewan Militer Agung Tentara Pembebasan Suriah, Salim Idris, dipaksa keluar dari Suriah tahun lalu.

"Semua senjata yang berasal dari Amerika dan produk lainnya, dicuri militan Islamis, dan Amerika Serikat menyerah," imbuh dia. 

"Saya tidak berpikir bahwa Washington memiliki rencana yang jelas."

Dia menegaskan, koalisi yang dipimpin AS, tidak bisa menghancurkan ISIS dengan membom mereka. 

"Wilayah ini (Suriah dan Irak) membutuhkan pemerintah yang lebih baik atau akan terus menjadi medan pemberontakan dan radikalisme," ucapnya.


0 comments:

Posting Komentar