FOTO: Romanesco Broccoli, Sayur Terindah di Dunia


Anda pasti sangat familiar dengan kembang kol atau brokoli. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat jenis yang menyerupai kembang kol yang dianggap sebagai jenis sayuran paling indah di dunia?

"Romanesco Broccoli", sayuran ini adalah sejenis kuncup bunga yang bisa dikonsumsi dan merupakan salah satu jenis kol dari genus brassica. Berwarna hijau muda, sayuran ini juga masih satu famili dengan kol, kembang kol dan brokoli.

Pertama kali ditemukan di Italia, sayuran unik tersebut memiliki bentuk geometris fraktal yang sangat indah. Fraktal sendiri merupakan bentuk geometrikal yang begitu rumit layaknya piramid yang semakin mengkerucut ke atas. Skalanya benar-benar sempurna dari bagian bawah hingga atas.

Jika dilihat menggunakan kaca pembesar, akan terlihat bahwa kepala sayuran ini memiliki bentuk spiral yang jumlahnya sesuai dengan bilangan Fibonacci.

Sekedar informasi, bilangan Fibonacci adalah bilangan yang diperkenalkan seorang ahli matematika yang asal Italia, Leonardo Fibonacci. Bilangan tersebut terdiri dari deretan angka sederhana yang mampu menjelaskan gerakan-gerakan dan pertumbuhan yang muncul secara acak di alam semesta.

Sayuran yang terbilang langka ini umumnya memiliki berat 300 hingga 600 gram. Teksturnya sendiri sangat renyah dan rasanya cukup ringan juga sedikit pedas.







0 comments:

Posting Komentar