Menteri Pertahanan Amerika Mundur Gara-gara ISIS



Menteri Pertahanan Amerika Serikat Chuck Hagel akan mengundurkan diri Senin, kata para pejabat senior kepada wartawan, saat Gedung Putih menghadapi kritikan atas penanganan perang terhadap kelompok Negara Islam (IS) dan kampanye di Afghanistan.

Mantan senator, yang telah menjalankan tugas kurang dari dua tahun itu, adalah dipilih untuk mengawasi transisi ke militer masa damai dengan anggaran pertahanan yang lebih kecil, tetapi kemajuan pejuang IS di Suriah dan Irak telah menciptakan kebutuhan mendesak bagi kepala Pentagon untuk dapat mengatur perang yang kompleks, dan Presiden Barack Obama menyimpulkan Hagel tidak sampai ke tugas itu.

Mantan senator 68 tahun dan veteran perang Vietnam itu akan bergabung dengan Presiden Barack Obama di Gedung Putih di kemudian hari untuk bersama-sama mengumumkan kepergiannya.

"Pada Oktober, Menteri Hagel mulai berbicara dengan presiden tentang rencana kemundurannya ... Percakapan mereka telah berlangsung selama beberapa pekan," kata seorang pejabat pemerintah, yang berbicara dengan syarat tak disebut jatidirinya.

"Seorang penerus akan dipilih dalam waktu singkat, namun Menteri Hagel akan tetap sebagai menteri pertahanan sampai penggantinya dikonfirmasi oleh Senat Amerika Serikat."

Gedung Putih tidak memberikan petunjuk siapa yang mungkin menggantikan Hagel di Pentagon, tetapi New York Times - yang menyampaikan kabar tentang kemundurannya - mengutip tiga kandidat.

Mantan wakil menteri pertahanan Michele Flournoy - yang akan menjadi wanita pertama menjalankan tugas Pentagon - adalah dalam menjalankan bersama dengan Senator Jack Reed dari Rhode Island - seorang mantan tentara - dan mantan wakil menteri pertahanan Ashton Carter, yang bertugas di nomor dua peran di Pentagon, menurut pejabat pertahanan, yang mengkonfirmasi laporan itu.

Hagel, sebagai senator Partai Republik, memilih mendukung invasi AS pada tahun 2003 terhadap Irak, tetapi kemudian menjadi kritikus dari konflik berlarut-larut yang terjadi dan diambil oleh Obama pada awal tahun lalu untuk mengawasi penarikan pasukan AS dari


Pengalaman tempur Hagel sebagai bintara yang terluka di Vietnam dipandang sebagai kekuatan saat ia mengambil tugas itu, tetapi penampilan publiknya sering muncul kikuk seperti ketika pemerintah Amerika Serikat sedang berjuang untuk beradaptasi dengan konflik baru dan mengartikulasikannya dalam strategi.

"Selama dua tahun terakhir, Sekretaris Hagel membantu mengelola suatu periode transisi yang intens untuk Angkatan Bersenjata Amerika Serikat, termasuk penarikan di Afghanistan, kebutuhan untuk mempersiapkan pasukan bagi misi masa depan, dan pilihan fiskal yang tangguh untuk menjaga militer kita kuat dan siap," kata pejabat itu.

"Selama hampir dua tahun, Menteri Hagel telah menangani dengan stabil, membimbing militer kami melalui transisi ini, dan membantu kami menanggapi tantangan mulai dari ISIL sampai ke Ebola."

Meskipun pejabat pemerintah mengusulkan menteri pertahanan dipaksa mengundurkan diri, anggota staf senior keamanan nasional di Kongres mengatakan kepada AFP itu tidak terjadi.

"Hagel berhenti," kata staf tersebut. "Hagel menemukan dirinya bertentangan dengan pemerintahan."

Pengalaman Hagel adalah mirip dengan pendahulunya, Robert Gates dan Leon Panetta, yang keduanya mengeluh setelah mereka meninggalkan kantor karena campur tangan oleh yang ditunjuk secara politik di Gedung Putih, kata staf tersebut.

"Ini terkait dengan keluhan yang sama Anda mendengar dari Gates dan Panetta - mikromanajemen Gedung Putih pada setiap keputusan keamanan nasional."

Senator John McCain, pengkritik keras kebijakan luar negeri Obama, katanya telah berbicara dengan Hagel melalui telepon Senin.

"Saya tahu bahwa dia sangat, sangat frustrasi," kata McCain.

"Gedung Putih sudah membocorkan." Yah percayalah pada saya, dia tidak sampai pada tugasnya."

McCain mengatakan, pemerintahan Obama telah "tidak ada strategi" untuk melawan kelompok IS dan bahwa Hagel tidak pernah diizinkan masuk ke lingkaran Gedung Putih untuk membuat keputusan.

Hagel telah setuju dengan pendekatan pemerintah untuk rezim Suriah, dan menulis memo dua halaman berdebat untuk sikap yang lebih tegas terhadap Presiden Bashar al-Assad, kata ajudannya baru-baru ini diungkapkan.

Terlepas dari perang udara terhadap kelompok IS, Gedung Putih juga telah dikritik untuk upaya perang di Afghanistan, dengan beberapa Partai Republik mempertanyakan tenggat waktu yang dimiliki oleh semua pasukan AS dari negara itu, dengan akhir masa jabatan Obama dalam dua tahun. (*ant)


0 comments:

Posting Komentar